Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makan Sepotong Hot Dog Disebut Kurangi Umur hingga 36 Menit

Kompas.com - 26/08/2021, 05:30 WIB
Anya Dellanita,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Kamu hobi makan hot dog atau junk food lainnya? Mungkin saatnya untuk berhati-hati.

Pasalnya, berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan ilmuwan di University of Michigan, Amerika Serikat, memakan satu hot dog dapat memperpendek umur.

Bahkan secara spesifik disebutkan, satu potong hot dog bisa mengurangi usia sebanyak 36 menit. Lalu, memakan sandwich jelly bisa memotong umurmu sebanyak 33 menit.

Penelitian itu diawali dengan dirilisnya sebuah indeks nutrisi yang diterbitkan School of Public Health, Department of Environmental Health Sciences dalam jurnal Nature Food.

Baca juga: Ubah Pola Makan, Langkah Kecil demi Hidup Sehat dan Panjang Umur

Jurnal tersebut memberi peringkat pada 5.800 makanan di AS berdasarkan meningkat atau berkurangnya “hidup sehat” dari satu porsi makanan, yang digambarkan dalam hitungan menit.

Nah, menurut hasil temuan yang dikutip New York Post, para peneliti dari University of Michigan menyimpulkan, konsumsi daging olahan dapat mengambil beberapa menit waktu hidup kita.

Hal inilah yang membuat para peneliti mengatakan, sepotong hot dog dapat memotong waktu hidup selama 36 menit, dengan daging olahan sebagai alasannya.

Di sisi lain, makanan yang lebih sehat layaknya kacang asin, salmon panggang, atau nasi dengan kacang disebut bisa menambah 10-15 menit harapan hidup.

Baca juga: 3 Kunci Kebahagiaan Para Penduduk Paling Panjang Umur di Dunia

Perlu diingat, perkiraan 36 menit pengurangan usia bukan waktu yang singkat. Sebagai gambaran, merokok diperkirakan "hanya" mengurangi 11 menit waktu hidup.

Namun, warganet di AS nampak skeptis akan penelitian ini.

“Rasanya tidak bertanggung jawab mengatakan ada semacam hubungan linier yang dapat dihitung antara makanan dan umur."

"Nikmati saja hot dog di pesta 4 Juli, itu tidak akan memengaruhi hidup kita. Tapi, jangan makan banyak makanan olahan. Tidak terlalu sulit,” tulis salah satu pengguna Twitter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com