Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hijup Beri Pendanaan untuk Usaha Kecil Bidang Fesyen Muslim

Kompas.com - 26/08/2021, 09:01 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com – Bagi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), akses pendanaan sangat krusial untuk mengembangkan bisnisnya. Program pendanaan dari perusahaan yang sudah mapan bisa menjadi solusi.

Khusus untuk UMKM bidang fesyen muslim, Hijup, memberikan program Hijup Growth Fund dengan pembiayaan maksimal 100 miliar dan pendampingan bisnis.

Founder dan CEO Hijup, Diajeng Lestari mengatakan, melalui Hijup Growth Fund pihaknya berharap brand-brand fesyen muslim lokal dapat melahirkan produk yang semakin berkualitas dengan produktivitasnya yang tinggi.

“Sejak mengembangkan Hijup selama satu dekade, banyak ditemui brand-brand lokal yang memiliki kualitas bagus dan diminati konsumen, namun karena minimnya modal sehingga peluang pasar tidak bisa dioptimalkan,” katanya dalam konferensi pers yang digelar virtual (25/8/2021).

Diajeng menjelaskan, pelaku usaha yang berminat mengikuti program Hijup Growth Fund mereka harus menjadi tenant dan menjual produknya di situs Hijup.

Baca juga: Punya Bisnis Baju Muslim? Simak 4 Tips Berikut agar Lebih Sukses

Brand tersebut kemudian akan melewati beberapa tahapan sebelum mendapatkan pendanaan. Misalnya mulai dari tahap pengajuan, verifikasi, persetujuan, pencairan hingga tahap kesepakatan pengembalian dana.

Program Hijup Growth Fund menawarkan tiga skema pendanaan. Pertama, skema “Special Collection” yang diperuntukkan bagi brand yang berminat menciptakan koleksi produk yang akan dikolaborasikan dengan Hijup dengan nominal pendanaan sampai Rp 5 miliar.

Kedua, skema “Modal Kerja” dengan nominal sampai Rp 2 miliar untuk meningkatkan kapasitas produksi.

Terakhir, skema “Investasi Corporate” dengan konsep Hijup akan menjadi salah satu pemegang saham brand tersebut dengan nominal pendanaan sampai Rp 20 miliar.

“Pilihan skema pendanaannya akan kami sesuaikan dengan karakteristik dan kondisi brand masing-masing. Sebagai bagian dari program ini, kami juga akan melakukan pendampingan bisnis kepada setiap penerima dana,” jelasnya.

Baca juga: 5 Tips Bisnis Busana Muslim ala Mouza, Sukses Bertahan Saat Pandemi

Sejak disosialisasikan kepada para tenant HIJUP di awal bulan Juli 2021 ini, menurut Diajeng saat ini Hijup sudah menyetujui dan mendandatangi kesepakatan pendanaan kepada dua tenant dengan total pembiayaan senilai Rp 22 miliar. Per Agustus 2021, Hijup memiliki tenant lebih dari 300 brand lokal.

Sesuai dengan upaya pemerintah

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, Sandiaga Uno, mengatakan program pendanaan ini selaras dengan upaya Kemenparekraf untuk menjadikan brand lokal sebagai pilihan utama masyarakat Indonesia.

“Kami yakin kualitas produk lokal sudah sangat baik dan kompetitif hingga ke pasar global. Melalui inisiatif seperti yang dilakukan program Hijup Growth Fund ini kualitas tersebut akan didukung dengan produktivitas, sehingga skala bisnis dan kesejahteraan pelaku usaha juga terus meningkat,” kata Sandiaga yang hadir sebagai salah satu pembicara.

Baca juga: 7 Startup Ini Berkesempatan Dapat Pendanaan Rp 2,75 Miliar dari Telkom

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com