Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Festival Wisata Wellness Digelar Sepanjang September, Ada Apa Saja?

Kompas.com - 01/09/2021, 13:14 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Indonesia Wellness Master Association (IWMA), Wellness & Healthcare Entrepreneur Association (WHEA) & Indonesia Wellness Spa Professional Association (IWSPA d/h INDSPA) menggelar Indonesia Wellness Tourism International Festival (IWTIF) yang berlangsung pada 1-30 September 2021 secara virtual.

Gelaran yang juga didukung oleh ri Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) itu akan turut mendorong dan mempromosikan wellness tourism atau wisata kesehatan yang dianggap memiliki potensi besar untuk dikembangkan, terutama selama masa pandemi Covid-19.

Berdasarkan laporan Global Wellness Tourism Economy 2018, Indonesia berada di peringkat ke-17. Di antara daftar 20 besar negara tujuan wellness tourism di 2017, beberapa negara yang peringkatnya lebih tinggi daripada Indonesia antara lain China (peringkat 3), Jepang (peringkat 5), dan Thailand (peringkat 13).

Kekayaan Indonesia, mulai dari rempah-rempah, seni budaya, hingga keramahtamahan dianggap mampu berkontribusi terhadap wisata kesehatan dan aktivitas berbasis alam ini.

IWTIF 2021 diharapkan dapat menjadi ajang promosi wellness tourism Indonesia sebagai top of mind pasar dalam dan luar negeri melalui pemasaran dan penjualan produk dan pelayanan secara virtual sehingga dapat menyumbang nilai ekonomi melalui rempah dan jasa wellness spa Indonesia dengan berbagai multiply effect yang ada.

"Indonesia Wellness Tourism Internasional Festival (IWTIF) diselenggarakan dengan tujuan untuk melestarikan, mempromosikan dan menjadikan ethnowellness di Indonesia sebagai warisan budaya dunia, sehingga potensi budaya melalui produk herbal dan produk wellness UMKM Indonesia bisa dikenal dan dinikmati oleh masyarakat dalam dan luar negeri."

Demikian diungkapkan oleh ketua Panitia IWTIF 2021, Agnes Lourda Hutagalung dalam pembukaan yang diselenggarakan virtual, Rabu (01/09/2021).

Sejumlah produk wellness akan berpartisipasi dalam IWTIF 2021, termasuk salah satunya produk aromaterapi.UNSPLASH/PRISCILLA DU PREEZ Sejumlah produk wellness akan berpartisipasi dalam IWTIF 2021, termasuk salah satunya produk aromaterapi.
Lalu, apa saja yang akan disajikan dalam kegiatan ini?

Lebih kurang sebanyak 200 UKM/IKM di bidang wellness akan ditampilkan secara virtual melalui berbagai rangkaian kegiatan, yaitu wellness & tourism webinar, wellness training & workshop, online marketplace, hingga brand awarding yang dapat diakses serta dihadiri secara umum melalui website www.iwtif.com.

Seperti tercantum dalam akun Instagram IWTIF, beberapa jenis produk wellness yang dapat ditemui seperti aromaterapi, camilan sehat, kain tradisional, aksesori, lulur, dan lainnya.

Sementara untuk sesi webinar, pada 2 September, misalnya, akan digelar sesi bertema "Ethno Wellness Spa Sebagai Pertahanan Tubuh di Era Pandemi" dan "Apa Itu Aromatherapy?"

Festival ini berskala internasional dengan melibatkan lebih kurang 12 negara bekerjasama dengan KBRI maupun Diaspora yang ada di berbagai negara tersebut dan menargetkan sebanyak 500.000 pengunjung dari lokal dan internasional selama masa penyelenggaraan.

Baca juga: Melihat Potensi Pasar Wisata Kesehatan Global, Bagaimana Posisi Indonesia?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com