Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Fakta yang Jarang Diketahui soal Cincin Pertunangan Putri Diana

Kompas.com - 01/09/2021, 15:00 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Putri Diana mengenakan banyak perhiasan mewah dan indah selama masa hidupnya. Namun, tak ada yang paling dikenang selain cincin pertunangannya yang bermata safir biru.

Dibuat dari cincin emas putih, yang disebut Marguerite, dengan menampilkan safir Ceylon oval 12 karat yang dikelilingi oleh 14 berlian solitaire.

Cincin tersebut sangat mencolok sekaligus amat cocok dipakai oleh Diana ketika pertunangannya diumumkan pada 24 Februari 1981 silam.

Calon suaminya kala itu, Pangeran Charles memberikannya sebagai hadiah untuk wanita berambut pirang itu.

Perhiasan tangan itu sebenarnya bukan yang paling mewah di dunia. Namun, kini perhiasan tersebut dianggap sebagai cincin pertunangan paling terkenal di dunia.

Alasannya tentu saja karena pesona sosok yang memakainya pertama kali.

Baca juga: Cincin Pertunangan Kate Middleton Dinobatkan sebagai Cincin Paling Populer di Dunia

Belakangan diketahui bahwa pemilihan cincin tersebut sebagai penanda pertunangan dua bangsawan itu sempat menjadi masalah. Seperti dikisahkan di serial Netflix The Crown, Kerajaan Inggris menganggap cincin ini kurang cocok untuk calon ratu Inggris.

Akan tetapi, bukan itu saja fakta mengejutkan soal cincin safir biru Diana itu. Ada banyak informasi lain yang belum banyak diketahui publik soal perhiasan yang diwariskan kepada anaknya itu.

Apa saja?

  • Termasuk katalog item yang dijual bebas

Cincin tersebut merupakan katalog item dari brand perhiasan London, Garrard & Co yang dijual dengan harga 47.000 poundsterling Inggris kala itu.

Meskipun perusahaan ini dikenal sebagai langganan para bangsawan Inggris sejak 1800 namun semua orang bisa membelinya jika mampu.

Baca juga: Deretan Aktris yang Perankan Putri Diana di Film, Siapa Paling Mirip?

Train dari gaun pengantin Putri Diana menjuntai sepanjang 7,6 meter, membuatnya jadi gown train terpanjang sepanjang sejarah keluarga kerajaan.SAMIR HUSSEIN GETTY IMAGES VIA HARPER'S BAZAAR Train dari gaun pengantin Putri Diana menjuntai sepanjang 7,6 meter, membuatnya jadi gown train terpanjang sepanjang sejarah keluarga kerajaan.

Faktor inilah yang tidak disetujui oleh Ratu Elizabeth ketika Diana memilihnya. Cincin pertunangan bangsawan senior seperti Charles seharusnya merupakan pusaka keluarga atau dibuat secara khusus alias hanya satu di dunia.

Selain itu, cincin tersebut didesain dengan gaya cluster yang menjadi ciri khas perhiasan mewah tahun 80-an. Artinya, desain cincin tersebut tergolong biasa dan tidak istimewa.

Kini cincin itu menjadi sumber inspirasi dari banyak perhiasan pesohor lainnya di dunia. Pesona pemiliknya berhasil menonjolkan keunikan cincin tersebut yang kala itu dianggap medioker.

Baca juga: Keluarga dan Para Penggemar Kenang 24 Tahun Kematian Putri Diana

  • Termasuk dalam koleksi safir kerajaan

Cincin Marguerite ini tidak memiliki ikatan sejarah dengan keluarga kerajaan di generasi sebelumnya. Namun perhiasan ini paling tidak dianggap cocok dengan bangsawan karena blue stone yang dijadikan sebagai matanya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com