Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Desain Rumah Minimalis, Haruskah Serba Warna Putih?

Kompas.com - 03/09/2021, 15:30 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Desain minimalis kini masih digemari, termasuk untuk desain ruangan di rumah.

Ketika bicara soal desain minimalis, hal pertama yang terlintas di pikiran kita mungkin adalah dominasi warna putih, mulai dari warna cat dinding, perabotan, hingga dekorasi.

Tapi, tak semua orang suka warna putih. Misalnya, karena mudah kotor.

Lalu, apakah desain rumah minimalis harus selalu didominasi warna putih?

Baca juga: 10 Insirasi Desain Kamar Tidur Minimalis, Tetap Cantik Meski Sempit

Warna putih dapat memantulkan cahaya dan membuat ruangan tampak lebih luasSHUTTERSTOCK/CHOTIROT Warna putih dapat memantulkan cahaya dan membuat ruangan tampak lebih luas
Warna putih memang masih menjadi alternatif terbaik untuk desain ruangan minimalis dan dapat menciptakan nuansa yang lebih modern.

Menurut House Beautiful, warna putih dapat memantulkan cahaya dan membuat ruangan tampak lebih luas. Ini terutama terasa pada ruangan sempit.

Jika merasa dominasi warna putih di rumah terlalu membosankan, kita bisa memilih aksesori atau furnitur berwarna untuk menghidupkan ruangan.

Apakah desain rumah minimalis harus selalu monokrom? Jawabannya, tidak.

Menurut MyDomaine, desain rumah minimalis tidak selalu harus monokrom. Tapi, cobalah memilih beberapa warna yang membantu mendefinisikan ruangan kita.

Memilih keluarga warna yang sama akan menciptakan tampilan yang padu.

Misalnya, dinding putih yang dipadukan dengan furnitur berwarna abu-abu atau cokelat. Tapi, untuk tirai jendela, kita bisa memilih warna yang masih senada dengan dinding putih. Misalnya tirai berwarna krem atau putih namun bertekstur.

Baca juga: 9 Cara Menciptakan Desain Dapur Minimalis untuk Rumah Kecil

Selain itu, kita juga bisa menggunakan wallpaper untuk membuat ruangan tampak lebih ceria dan menarik.

Beberapa orang mungkin menganggap wallpaper bisa membuat ruangan tampak lebih sempit. Padahal, wallpaper berwarna cerah dan tegas juga bisa memberikan efek ruangan yang lebih luas, lho.

Tapi, kita tak perlu menutupi semua sisi dinding dengan wallpaper. Pilihlah salah satu sisi saja, misalnya sisi dinding paling luas di ruang keluarga atau sisi dinding utama di kamar tidur.

Wallpaper berwarna cerah dan tegas juga bisa memberikan efek ruangan yang lebih luas.PEXELS/MAX VAKHTBOVYCH Wallpaper berwarna cerah dan tegas juga bisa memberikan efek ruangan yang lebih luas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com