Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IKEA akan Segera Menjual Listrik dari Energi Terbarukan

Kompas.com - 03/09/2021, 20:03 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dalam mencapai tujuannya untuk menjadi perusahaan iklim-positif pada tahun 2030, IKEA semakin fokus membuat produk yang lebih berkelanjutan.

Terlebih lagi, merek furnitur asal Swedia ini juga mendorong pelanggan untuk memperpanjang siklus hidup dari apa yang mereka beli.

Dengan peluncuran penawaran produk baru yang akan datang, IKEA juga memberikan konsumennya kesempatan secara langsung untuk membuat dampak positif terhadap lingkungan.

Listrik terbarukan

Baru-baru ini, Ingka Group, pemilik toko IKEA terbesar di seluruh dunia mengumumkan bahwa pihaknya akan segera menjual listrik terbarukan yang terjangkau bagi para pelanggannya di Swedia.

Dijuluki Strömma (bahasa Swedia untuk "aliran"), inisiatif ini bertujuan untuk mengurangi jumlah bahan bakar fosil yang digunakan konsumen di rumah.

Baca juga: Inspirasi Energi: 5 Teknologi Energi Terbarukan yang Naik Daun

Saat ini, penggunaan energi rumah yang terkait dengan produk dan peralatannya menyumbang sekitar 20 persen dari total jejak karbon IKEA.

Mirip dengan pemikiran di balik furnitur yang dijual, tujuan Strömma adalah membuat seuatu dengan label ramah lingkungan dapat lebih terjangkau dan dapat diakses oleh orang-orang yang menginginkannya.

Menggunakan panel surya

Svea Solar, produsen panel surya IKEA, akan membeli daya yang diperlukan pada pertukaran daya Nord Pool dan meneruskannya langsung ke pelanggan tanpa biaya tambahan.

Pelanggan dapat membeli tenaga angin dan matahari melalui aplikasi, yang juga memungkinkan mereka melacak penggunaannya.

Baca juga: Tak Hanya di Rumah, Pemakaian Panel Surya Semakin Meluas

Dalam hal menghasilkan tenaga itu, Ingka Group telah menginvestasikan dana sekitar Rp 41,3 triliun untuk tenaga surya dan angin pada 2019, serta memastikan sudah ada infrastruktur yang kuat.

Perusahaan induk memiliki dan mengoperasikan dua ladang tenaga surya dan 547 turbin angin, belum lagi lebih dari 920.000 panel surya yang ditemukan di toko dan gudang IKEA milik Ingka Group.

Sementara itu, kantor berita Reuters bahkan mencatat bahwa Ingka Group ingin Strömma hanya menggunakan listrik terbarukan dari infrastruktur angin dan surya yang dibangun dalam lima tahun terakhir.

Hal tersebut mungkin tampak seperti lompatan besar bagi penggemar IKEA di Amerika, tetapi ini bukan pertama kalinya perusahaan furnitur itu membantu pelanggannya menghijaukan jaringan listrik.

Baca juga: Paris Berkutat pada Energi Terbarukan untuk Olimpiade 2024

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com