Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/09/2021, 17:55 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber BHG

KOMPAS.com - Merawat tanaman hias memang tidak selalu mudah. Ada kalanya, tanaman hias yang kita rawat mengalami gangguan.

Salah satu gangguan yang sering kali muncul adalah ketika batang tanaman terlihat "letoy", yang juga dikenal dengan istilah leggy atau kaki panjang.

Kondisi leggy  biasanya terjadi karena tanaman kurang mendapatkan energi yang cukup untuk bertahan hidup dari pencahayaan sinar matahari.

Baca juga: 4 Jenis Tanaman Hias yang Membantu Mengusir Alergi

Namun, kabar baiknya, kita tetap dapat memperbaiki kondisi leggy pada tanaman dengan mengikuti tips sebagai berikut.

Tips memperbaiki

Batang yang lemah, tipis, dan berkaki panjang adalah cara tanaman memberi tahu bahwa kita telah meletakkannya di tempat yang tidak mendapat cukup cahaya.

Tanaman yang berbeda memiliki kebutuhan cahaya yang berbeda, jadi penting untuk mengetahui dengan tepat berapa banyak cahaya yang dibutuhkan tanaman untuk pertumbuhan yang sehat.

Kemudian, kita dapat mencocokkan lokasinya dengan kecerahan yang dibutuhkan.

Mengetahui ke mana arah jendela menghadap juga akan membantu kita mengetahui jumlah cahaya yang bisa didapatkan tanaman.

Misalnya, tanaman sirih gading atau pothos tumbuh dengan baik dalam cahaya rendah dan akan tumbuh subur di jendela yang menghadap ke utara.

Baca juga: 8 Inspirasi Tanaman Hias Gantung untuk Mempercantik Rumah

Di sisi lain, geranium menuntut cahaya yang sangat terang dan akan meregang, serta menjadi kurus jika ditempatkan di arah jendela yang menuju ke bagian utara.

Sementara jendela yang mengarah ke bagian selatan atau barat daya adalah tempat terbaik untuk tanaman dengan cahaya tinggi karena akan mendapatkan paparan sinar matahari paling intens.

Tanaman hias umumnya diklasifikasikan ke dalam tiga kelompok tingkat cahaya yakni rendah, sedang, dan tinggi.

  • Cahaya rendah

Sering digambarkan sebagai "cukup terang untuk membaca koran," cahaya rendah biasanya ditemukan di jendela yang mengarah ke utara atau sudut ruangan yang cukup redup.

Tanaman dengan cahaya rendah ditanam untuk dedaunannya dan jarang berbunga.

Beberapa tanaman cahaya rendah yang banyak dikenal antara lain dracaena, ivy Inggris, philodendron, sirih gading atau pothos, snake plant, dan ZZ plant.

Halaman:
Sumber BHG
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com