Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramai Artis Piknik ke New York, Apa Syarat Berkunjung Selama Pandemi?

Kompas.com - 08/09/2021, 13:53 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber CNN

KOMPAS.com - Sejumlah artis Indonesia, seperti Luna Maya, Gading Marten dan Denny Sumargo, diketahui sedang berada di New York, Amerika Serikat.

Keberadaan mereka di salah satu kota tersibuk di dunia itu untuk menghadiri New York Fashion Week 2021. Selain bekerja, para pesohor itu juga menyempatkan diri berkunjung ke sejumlah lokasi wisata.

Misalnya saja Luna Maya yang menyempatkan diri menonton pertandingan tenis, seperti yang diunggahnya di akun Instagram miliknya.

Adapula Gading Marten yang menyempatkan diri mengelilingi berbagai sudut kota berjuluk Big Apple itu.

Aktivitas para pesohor ini mungkin menuai pertanyaan di benak sejumlah pihak. Pasalnya, sejumlah negara menerapkan larangan kunjungan yang ketat selama pandemi Covid-19, termasuk AS.

Mengapa para artis ini bisa bebas berwisata meskipun pandemi belum dipastikan berakhir?

Rupanya, pembatasan perjalanan akibat pandemi di New York sudah dicabut pada Juni lalu. Kebijakan ini diterapkan karena 70 persen warga yang berusia di atas 18 tahun telah mendapatkan dosis pertama vaksin Covid-19.

Berkaitan dengan lonjakan kasus varian Delta, bukti vaksinasi diperlukan untuk pelanggan dan karyawan tempat makan, kebugaran, dan hiburan dalam ruangan kota.

Aturan tersebut pertama kali ditetapkan pada 16 Agustus secara bertahap dan akan berlaku sepenuhnya pada 13 September mendatang.

Sejumlah tempat wisata seperti restoran, klub malam, ruang konser, museum, teater seni pertunjukan, bioskop, arena bowling, arcade, dan kasino juga memiliki aturan yang sama. Demikian pula dengan arena kabaret, pusat kebugaran, kolam renang dan kedai kopi.

Walikota New York City Bill de Blasio, mengikuti panduan dari CDC, yang merekomendasikan penggunaan masker di dalam ruangan, terlepas dari status vaksinasi, tetapi belum mengeluarkan aturan wajib soal itu.

Wajib negatif tes Covid-19

Ilustrasi Times Square di New York, Amerika SerikatUNSPLASH/Vidar Nordli-Mathisen Ilustrasi Times Square di New York, Amerika Serikat
Pemerintah AS masih mengeluarkan larangan kunjungan pelancong dari Brasil, Cina, wilayah Schengen Eropa, India, Iran, Irlandia, Afrika Selatan, dan Inggris Raya. Selain dari daftar negara itu, diizinkan masuk dengan sejumlah persyaratan.

Pengunjung New York wajib menunjukkan hasil tes megatif Covid-10. Tes harus dilakukan dalam waktu tiga hari sebelum penerbangan ke AS yang dibuktikan dengan dokumen dari lab yang bersangkutan.

Selain itu, karantina masih diperlukan untuk pengunjung yang belum mendapatkan dosis vaksin lengkap. Hal serupa juga berlaku untuk pengunjung yang punya riwayat sembuh Covid-19 kurang dari tiga bulan.

Pengujian tiga hingga lima hari setelah tiba di New York juga direkomendasikan untuk para wisatawan ini.

Pelancong tanpa gejala yang memasuki New York dari negara lain, negara bagian atau teritori AS tidak diharuskan untuk melakukan tes atau karantina.

Beda lokasi beda aturan

New York memiliki sejumlah lokasi wisata yang wajib dikunjungi misalnya saja Empire State Building dan The Metropolitan Museum of Art. Namun selama pandemi, tiap lokasi menetapkan syarat kunjung yang berbeda-beda.

Metropolitan Museum, misalnya, mengharuskan pengunjung berusia 12 tahun ke atas untuk divaksinasi. Sedangkan anak-anak berusia 2 hingga 11 tahun wajib mengenakan masker selama kunjungan.

Sedangkan Broadway yang baru dibuka September ini mengharuskan pengunjung sudah divaksin dan mengenakan masker. Pengecualian diberikan jika sedang makan atau minum.

Baca juga: Bermimpi Tinggal di New York? Cek Dulu Besaran Biaya Hidupnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com