Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Gigi Gingsul Harus Dicabut Seperti Chelsea Olivia?

Kompas.com - 08/09/2021, 19:31 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Chelsea Olivia terpaksa harus menghilangkan gigi gingsul yang dimilikinya demi alasan kesehatan.

Tindakan ini perlu dilakukan berdasarkan anjuran dokternya yang mengatakan gingsulnya lama-lama akan berpengaruh buruk pada kesehatan giginya.

"..aku harus merapikan gigi secepatnya atau cepat atau lambat gingsul akupun akan hilang karna bisa merusak gigi di sekitarnya dan gingsul itu sendiri." ujarnya dalam caption unggahan terbaru di akun Instagramnya.

Istri Glenn Alinskie ini mengaku galau karena merasa agak berat hati melakukannya. Maklum saja, ia dikenal memiliki senyum yang manis karena adanya gingsul di bagian taringnya ini.

Pengakuan artis berdarah Tionghoa ini kemudian memicu beragam pertanyaan publik. Selama ini gigi gingsul dianggap bagus karena membuat senyum dan penampilan pemiliknya semakin menarik.

Baca juga: Chelsea Olivia: 29 Tahun Senyum dengan Gigi Gingsul, Sekarang Saatnya Say Goodbye

Lewat pengakuan Chelsea, banyak yang baru memahami jika ada aspek kesehatan yang terpengaruh karena adanya gigi ini.

Gigi gingsul, dianggap bikin manis namun ganggu kesehatan

Drg Ayu Ningrum, dokter gigi jebolan Universitas Gadjah Mada mengatakan keberadaan gigi gingsul memang tergolong masalah jika ditilik dari kacamata kesehatan.

"Ya termasuk masalah sih aslinya..gingsul kan bisa bikin kebersihan giginya jadi kurang," jelasnya kepada Kompas.com pada Rabu (08/09/2021).

Karena posisi gigi yang berjejal, sisa makanan bisa tertinggal di area tersebut karena sulit dibersihkan ketika menyikat. Selain itu, gingsul juga bisa jadi area penumpukan karang gigi dan memicu lubang.

Pemilik gigi ini juga berisiko memiliki bau mulut karena sejumlah masalah tersebut.

Baca juga: 5 Jenis Pasta Gigi yang Direkomendasikan Dokter Gigi

Ia membenarkan gingsul harus dicabut khususnya jika letaknya berada terlalu jauh dari lengkung gigi. Hal ini juga dapat mengganggu estetika wajah pemiliknya.

Ilustrasi dokter gigi merawat kesehatan gigi dan mulut pasien.Shutterstock Ilustrasi dokter gigi merawat kesehatan gigi dan mulut pasien.

Namun, prinsip perawatan gigi sendiri mengharuskan dokter mempertahankan enam gigi depan termasuk empat gigi seri dan dua taring di kanan kiri.

Oleh sebab itu, dokter Ayu mengatakan butuh pemeriksaan dan penghitungan ruang di lengkung rahang lebih dulu sebelum memastikan apakah gigi gingsul butuh dicabut.

Ada pula opsi memperbesar rahang agar semua gigi muat di lengkung rahang. Namun cara ini biasanya diaplikasikan untuk paien yang masih dalam masa tumbuh kembang.

Bisa pula dilakukan slicing, tindakan pengasahan, diantara gigi yang berantakan itu untuk memberikan ruang yang dibutuhkan.

Baca juga: Mana Lebih Baik, Sikat Gigi Sebelum atau Sesudah Sarapan?

Salah kaprah soal gigi yang harus dicabut

Dokter Ayu juga menilai ada salah kaprah dalam unggahan Chelsea Olivia soal penanganan untuk gingsulnya.

"Tapi kalo si chealsea merasa gigi yang harus dicabut itu gigi taringnya ya..salah besar kalau itu," ujarnya lagi.

Menurutnya, yang harus dicabut itu adalah gigi di belakang taring yang disebut premolar satu. Tujuannya agar gigi taring artis sinetron itu bisa diposisikan lebih mundur dan membuatnya lebih rapi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com