Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 22/01/2023, 12:09 WIB
Anya Dellanita,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Mengkudu adalah buah yang dikenal akan aromanya yang khas, bentuknya yang unik, dan rasa getirnya.

Namun, siapa sangka di balik penampilan dan keunikannya itu, buah satu ini memiliki manfaat besar bagi kesehatan. Bahkan, bisa membantu menurunkan berat badan.

Untuk mengetahui manfaat lengkap mengkudu, simak paparan yang dilansir dari Eat This Not That berikut.

Mungil namun sehat

Medical News Today mengatakan bahwa di balik wujudnya yang mungil, buah yang dapat tumbuh di Asia Tenggara, Kepulauan Pasifik, dan area tropis lainnya ini memiliki manfaat besar.

Pasalnya, mengkudu tinggi akan antioksidan dan telah digunakan selama betahun-tahun untuk pengobatan.

Untuk mendapat manfaat kesehatannya itu, terkadang mengkudu dijadikan pasta, dibuat bubuk, atau disulap menjadi jus.

Berbagai penelitian ilmiah pun menemukan bahwa nutrisi yang terkandung dalam mengkudu dapat meringankan kasus nyeri sendi dan osteoarthritis, memerangi radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker, dan dapat memberikan Vitamin C untuk mendukung kekebalan.

Bahkan, salah satu penelitian menemukan bahwa perokok berat yang meminum jus mengkudu selama satu bulan mengalami penurunan risiko penyakit kardiovaskular. Artinya, mengkudu mengurangi kolesterol jahat dan trigliserida.

Baca juga: Mengapa Buah Mengkudu Berkhasiat untuk Pria?

Lalu, dalam penelitian lain yang meneliti sekelompok non-perokok, mengkudu terbukti dapat menyebabkan penurunan denyut jantung dan tekanan darah.

Jus mengkudu juga telah terbukti dapat mengatur gula darah dan metabolisme, mengurangi lemak dalam darah, dan mencegah penambahan berat badan dengan meningkatkan grehlin alias hormon yang memberi tahu tubuh bahwa kita kenyang, membuatnya cocok sebagai teman diet.

Sayangnya, rasanya yang pahit dan aromanya terkadang membuat beberapa orang menyerah terlebih dahulu sebelum meminumnya.

Namun untungnya, banyak yang mengatakan bahwa kita hanya perlu membuat jus dengan menambahkan satu ons mengkudu dan air untuk bisa mendapatkan manfaat kesehatan dari buah ini.

Hati-hati sebelum konsumsi

Meski manfaatnya menggiurkan, sebaiknya berdiskusilah dengan dokter sebelum meminum jus mengkudu. Pasalnya, beberapa penelitian mengatakan bahwa mengkudu tak selalu baik bagi pasien dengan masalah hati atau ginjal.

Kendati demikian, beberapa penelitian menyebutkan bahwa dalam beberapa kasus, efek kesehatan negatif dari mengkudu ini sering kali tidak disebabkan oleh jus itu sendiri, tetapi karena adanya interaksi antara mengkudu dan bahan lain yang juga kita konsumsi.

Baca juga: Rajin Minum Jus Mengkudu Bisa Turunkan Berat Badan dan Kolesterol

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com