Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/09/2021, 20:48 WIB
Gading Perkasa,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Hypebeast

KOMPAS.com - Dalam rangka merayakan ulang tahun Seiko yang ke-140, pembuat jam asal Jepang tersebut membawa inovasi berupa mesin jam baru.

Mesin jam yang dimaksud adalah Spring Drive 5 Days Calibre 9RA2, yang ditanamkan dalam jam tangan Grand Seiko Heritage Collection 140th dan baru saja dikenalkan sekitar sepekan lalu.

Jam tangan itu sendiri hanya dijual dalam jumlah terbatas, yakni 2.021 unit.

Masih dalam momen memeringati hari jadi perusahaan, Seiko juga menghadirkan dua jam tangan baru sebagai bentuk penghormatan terhadap distrik perbelanjaan di kawasan Ginza, Tokyo.

Sebagai informasi, sang pendiri Seiko, Kintaro Hattori pertama kali membuka toko jam di Ginza pada 1881. Di sinilah, ia menjual dan memperbaiki jam dinding serta jam tangan.

Saat ini distrik Ginza masih menjadi rumah bagi beberapa butik Seiko, Seiko Museum, serta department store Wako milik keluarga Hattori.

Seiko ProspexSeiko Seiko Prospex
Seiko mengambil desain dari lini jam tangan seri Prospex dan Presage untuk kedua model arloji yang baru.

Baik model Prospex maupun Presage sama-sama menampilkan motif bebatuan persegi panjang berwarna biru kehijauan pada permukaan dial.

Motif bebatuan ini terinspirasi dari jalanan berbatu yang ada di Ginza.

Pemilihan warna biru kehijauan, di sisi lain, mengacu pada bangunan modern bergaya kontemporer yang "mewarnai" kawasan Ginza.

Desain jam tangan Prospex merujuk pada Seiko Alpinist yang dirilis pada 1959, dengan menggunakan dua pola sunray brushing yang berbeda.

Date window, atau jendela penunjuk tanggal ditempatkan di dekat angka 3.

Jarum yang menunjukkan detik dilapisi warna biru-kehijauan yang disebut "Komparu". Nama ini diambil dari sebuah jalan yang dulunya merupakan pusat kehidupan malam di Ginza.

Seiko Prospex ditenagai mesin mekanis Calibre 6R35 yang menawarkan cadangan daya hingga 70 jam.

Selain itu, arloji ini dilindungi oleh kaca kristal safir dan dapat diajak berenang hingga kedalaman 200 meter.

Seiko PresageSeiko Seiko Presage
Untuk jam tangan Presage, Seiko memberikan sub dial dengan indeks 24 jam yang berada di antara angka 10 dan angka 11.

Tepat di samping sub dial tersebut, ada sebuah window atau jendela yang memungkinkan pengguna untuk melihat gerakan escapement pada jam.

Seiko Prospex dan Presage diproduksi masing-masing sebanyak 3.500 unit dan 4.000 unit, dan akan dirilis di situs web perusahaan tersebut di bulan Oktober.

Model Prospex dihargai 750 Euro (setara Rp 12,5 juta), sedangkan model Presage dibanderol 590 Euro atau sekitar Rp 9,9 juta.

Baca juga: Inovasi baru Seiko, Rayakan Ulang Tahun Perusahaan ke-140

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Hypebeast
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com