Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/09/2021, 16:36 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber CNN

KOMPAS.com - Nick Marson dan Diane Kirschke adalah dua orang asing yang tidak pernah menyangka sebelumnya bahwa kisah cinta mereka dimulai saat sejarah kelam serangan 11 September 2001 terjadi.

Tepat 20 tahun yang lalu, keduanya terbang dari London Gatwick ke Houston, Texas dengan menggunakan pesawat Continental Airlines.

Namun, setelah beberapa jam penerbangan, pesawat mereka harus dialihkan ke Newfoundland, Kanada, karena ada serangan teroris di New York dan Washington, sehingga wilayah udara AS ditutup sementara.

Saat itu, Nick merupakan seorang pengusaha asal Inggris berusia 50-an yang bekerja di industri minyak.

Dia sedang menuju ke Texas untuk bekerja dan tidak tahu di mana Newfoundland berada.

Baca juga: Peringati 20 Tahun Serangan 11 September, Ini Seruan Biden

Lalu, Diane merupakan seorang janda asal AS berusia 60 tahun yang baru saja kembali dari mengunjungi anaknya yang bekerja di Angkatan Udara AS dan ditempatkan di Inggris.

"Kami adalah pesawat ke-36 dari 38 yang mendarat, jadi jelas tidak ada masalah dengan pesawat ini," kata Nick.

Ketika mendarat, pilot baru memberi tahu penumpang bahwa ada aktivitas teroris di AS dengan serangan pesawat terbang ke World Trade Center (WTC) dan Pentagon.

"Meskipun itu terdengar mengerikan, tidak ada yang menyadari betapa dahsyatnya itu sampai beberapa waktu kemudian," ungkap dia.

Dengan keterbatasan alat komunikasi pada saat itu, banyak penumpang pesawat yang akhirnya berada dalam kondisi ketidakpastian selama lebih dari 24 jam.

Akhirnya, para sukarelawan di Gander, Newfoundland dan kota-kota tetangganya mengirimkan makanan, serta menyiapkan tempat penampungan darurat.

Pertemuan keduanya

Nick dan Diane Marson, 20 tahun lalu, saat pertama kali bertemu dan kemudian jatuh cinta. Pertemuan mereka terjadi saat penerbangan dari London ke Texas dialihkan ke Newfoundland, Kanada, akibat serangan teroris 11 September 2001. Courtesy Nick and Diane Marson Nick dan Diane Marson, 20 tahun lalu, saat pertama kali bertemu dan kemudian jatuh cinta. Pertemuan mereka terjadi saat penerbangan dari London ke Texas dialihkan ke Newfoundland, Kanada, akibat serangan teroris 11 September 2001.
Sebagian besar penumpang, termasuk Nick dan Diane juga dibawa ke tempat penampungan kecil di Gambo, sekitar 48,27 kilometer di luar Gander.

Keduanya pun mulai mengobrol dan menemukan kesamaan humor usai mengumpulkan selimut bersama.

Keduanya lantas menyadari bahwa mereka berada di pesawat yang sama menuju Texas.

Keesokan harinya, Nick dan Diane pergi mencari udara segar. Mereka perlu istirahat dari terus-menerus menonton berita.

Halaman:
Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com