Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/09/2021, 21:00 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Nadine Chandrawinata memamerkan rambut barunya kala mengumumkan soal kehamilan anak pertamanya di Instagram.

Istri Dimas Anggara itu terlihat jauh lebih fresh dengan potongan rambut pendek di atas bahu. Penampilannya memang menjadi sedikit berbeda dibandingkan rambut panjangnya selama ini.

Dalam unggahannya, ia mengaku memotong rambutnya demi si buah hati meski tidak menguraikan alasannya lebih jauh.

Memotong rambut menjadi jauh lebih pendek memang menjadi keinginan banyak wanita ketika hamil. Umumnya, keinginan ini muncul akibat kerontokan yang parah, rasa gerah atau masalah hormonal lain yang dialami selama kehamilan.

Namun, tak banyak yang berani merealisasikan keinginannya ini karena takut berdampak buruk pada jabang bayi yang dikandung.

Baca juga: Agar Rambut Sehat, Perlukah Potong Rambut Tiap Bulan?

Selain itu, ada mitos dari berbagai kebudayaan yang mengatakan memotong rambut selama kehamilan dapat membawa nasib buruk.

Kepercayaan nenek moyak ini juga termasuk jika potong rambut ketika hamil dapat menyebabkan keguguran, komplikasi kehamilan, lahir mati, atau dapat menyebabkan komplikasi kesehatan setelah lahir.

Faktanya, tidak ada satupun mitos tersebut yang terbukti benar dan terjadi, dari segi ilmiah. Artinya, kita bebas memotong rambut meskipun sedang hamil, seperti dikutip dari laman First Cry Parenting. 

Terlebih lagi, perubahan hormon kehamilan terkadang membuat rambut menjadi kusam, tidak bernyawa, dan rapuh. Potong rambut bisa menjadi langkah yang taktis untuk kesehatan mahkota wanita itu.

Selain itu, memotong rambut bukanlah prosedur invasif yang mungkin berdampak pada kesehatan ibu hamil atau bayi.

Meski demikian, penggunaan berbagai produk penataan rambut berbahan kimia harus dibatasi dan digunakan hanya setelah berkonsultasi dengan dokter.

Baca juga: Ibu Menderita Diabetes Selama Kehamilan, Apa Dampaknya bagi Bayi?

Potong rambut yang aman bagi ibu hamil

Ibu hamil bebas menentukan apakah perlu memotong rambutnya, dengan berbagai pertimbangan. Tidak ada efek buruk yang terjadi pada diri maupun bayi di kandungan, dari segi kesehatan.

Meski demikian, pastikan untuk melakukannya dengan cara yang aman.

Pertama, pilihlah salon yang tidak terlalu ramai sehingga kita tidak perlu menunggu lebih dulu. Hal ini mencegah ibu hamil harus duduk atau berdiri berjam-jam, yang bisa berpengaruh buruk bagi kesehatannya.

Lebih baik untuk membuat janji terlebih dulu agar segera ditangani ketika datang ke salon.

Kedua, memotong rambut memang bebas untuk dilakukan namun tidak demikian dengan mengeriting, meluruskan, mewarnai atau perawatan lainnya selama kehamilan.

Perawatan tersebut menggunakan produk kimia yang keras, yang dapat menyebabkan komplikasi kesehatan pada diri kita maupun bayi yang dikandung. Untuk sementara, tunda dlu semua treatment rambut yang tidak perlu sampai sesudah melahirkan.

Baca juga: 5 Alasan Pentingnya Ibu Hamil Segera Divaksin Covid-19 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com