Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/09/2021, 11:13 WIB
Anya Dellanita,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber yourtango

KOMPAS.com – Apakah kamu mudah terdistraksi saat bekerja? Misalnya, saat akan mulai bekerja, mendadak ada sebuah tautan video viral yang sedang viral, membuatmu memilih untuk menontonnya, bukan mulai bekerja.

Lalu, setelah selesai menonton dan niat bekerja kembali, kamu malah membuka media sosial dan mengecek email, hingga akhirnya benar-benar bekerja.

Saat benar-benar bekerja pun, seringkali kita sulit fokus dan malah mengerjakan hal lain d luar pekerjaan.

Mudah terdistraksi saat bekerja ternyata merupakan salah satu tanda orang yang cerdas. 

Baca juga: Lakukan 5 Kebiasaan Ini Setiap Hari agar Lebih Fokus

Dalam sebuah penelitian tahun 2016 silam, perusaahan peneliti tempat kerja Steelcase memantau kebiasaan lebih dari 10.000 pekerja di 17 negara.

Hasilnya, ditemukan bahwa semakin cerdas seseorang, semakin mudah pula ia terdistraksi dan bingung memprioritaskan semua ide yang ada dalam kepala mereka.

Lalu, hampir separuh dari pasrtisipan mengatakan bahwa mereka sulit berkonsentrasi di kantor.

Menurut Bostjan Ljubic, peneliti yang melakukan penelitian terssebut, perusahaan tentu selalu mencari pegawai yang terbaik. Namun, sulitnya melakukan berbagai pekerjaan dan distraksi di kantor tetap berdampak pada orang-orang cerdas, dan biasanya lebih parah.

“Cara kita bekerja berubah lebih cepat dari sebelumnya, dan otak mengalami tekanan dan gangguan yang dapat menyebabkan kelebihan beban," ujarnya.

Baca juga: Mitos Bekerja Remote yang Tidak Perlu Digubris

Orang-orang yang sangat cerdas biasanya sering memiliki ide cemerlang dan berusaha untuk mewujudkan ide tersebut. Hal inilah yang membuat mereka bisa berakhir frustasi dan terdistraksi.

Sebab, saat berurusan dengan semua yang terjadi di kepala, akan ada berbagai jenis suara tambahan yang mengganggu, seperti notifikasi pesan dan telepon.

Berhasil menghadapi dan menyelesaikan tugas meski sering mengalami distraksi seperti di atas membuktikan betapa cerdasnya seseorang. Mereka yang memiliki kekuatan otak yang terbatas mungkin tidak akan mampu melakukannya.

 

Baca juga: 4 Cara Bangkitkan Mood Kerja dengan Minum Kopi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber yourtango
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com