Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/09/2021, 15:52 WIB
Anya Dellanita,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Tidak hanya orang dewasa, anak-anak pun memiliki hak-hak yang harus dihormati dan dipenuhi oleh orangtua. Anak-anak yang hak dan kewajibannya terpenuhi akan tumbuh menjadi anak yang sehat, bahagia, dan berpeluang lebih sukses.

Sebagai orangtua, kita perlu mengetahui apa saja hak-hak anak di rumah:

Mendapatkan kasih sayang

Dicintai adalah hal paling utama yang harus diterima oleh seorang anak dari kedua orangtuanya. Anak akan merasa dicintai dan disayangi oleh orangtuanya tidak hanya dari ungkapan sayang, tetapi juga pelukan dan pujian.

Orangtua yang memberikan kasih sayang kepada buah hatinya berarti juga memastikan anaknya mendapat hak perlindungan, terbebas dari kekerasan fisik dan psikis.

Baca juga: Pemerintah Akui Hak Anak di LPKA Belum Terpenuhi

Mendapatkan perhatian

Tidak hanya membutuhkan kecukupan materil, anak perlu perhatian dari kedua orangtua mereka. Jadi, sesibuk apapun orangtua, mereka harus memberi perhatian yang cukup. Mengabaikan anak sama saja melanggar hak anak.

Mendapatkan makanan, pakaian, dan rumah yang aman

Anak berhak mendapatkan makanan, pakaian, dan sebuah tempat aman untuk tinggal agar mereka dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Pemerintah pun seharusnya memastikan hak anak ini terpenuhi, termasuk pada anak terlantar atau yatim piatu.

Baca juga: Apa itu Tiger Parenting? Metode yang Dewakan Kesuksesan Anak

Berhak untuk diterima sebagai individu yang berbeda

Hak anak di rumah lainnya adalah diterima sebagai individu yang berbeda. Sebab, setiap anak adalah unik dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. 

Karena itu, orangtua tidak boleh pilih kasih terhadap anak, tidak hanya dalam memberikan kasih sayang tapi juga perlindungan dan pendidikan.

Mendapatkan kesehatan

Hal-hal mendasar agar anak tumbuh sehat adalah memiliki tempat tinggal dan lingkungan yang layak, makanan bernutrisi, pakaian bersih, hingga mendapatkan imunisasi agar terhindar dari penyakit.

Orangtua juga wajib memenuhi hak anak ini dengan menyediakan akses kepada dokter atau tenaga kesehatan jika anak sakit, serta mengajarkan pola hidup bersih dan sehat.

Baca juga: 8 Cara agar Anak Cepat Membaca, Orangtua Perlu Tahu

Anak berhak mendapatkan bimbingan belajar

Anak-anak berhak atas pendidikan. Hak ini bukan hanya berupa mendaftarkan anak ke sekolah atau ikut les, tetapi juga orangtua bisa menjadi guru utama bagi anak. Orangtua harus mengenalkan mana perbuatan yang baik dan yang buruk, termasuk mendukung rasa ingin tahu anak agar kreativitasnya berkembang.

Hak bermain

Bermain adalah dunia anak. Orangtua harus menyediakan waktu bermain untuk anak-anaknya, termasuk menyediakan mainan yang sesuai dengan usia anak dan yang terpenting punya waktu untuk menemani anak bermain. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com