Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentingnya Gaya Hidup Aktif untuk Cegah Covid-19 di Masa Pandemi

Kompas.com - 14/09/2021, 21:07 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menerapkan gaya hidup aktif di masa pandemi memiliki banyak keuntungan, salah satunya dapat meningkatkan daya tahan tubuh untuk mencegah Covid-19.

Meski pemerintah masih menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) saat ini, namun hal itu tidak menyurutkan niat beberapa orang untuk tetap aktif berolahraga.

Menurut survei online yang dilakukan oleh LIPI pada Desember 2020 kepada 321 responden, 1 dari 52 orang yang sebelumnya tidak berolahraga memulai kebiasaan berolahraga saat masa pandemi.

Selain itu, hampir separuh dari responden yang sudah berolahraga sejak sebelum pandemi mengubah aktivitas olahraganya menjadi lebih baik dengan meningkatkan durasi berolahraga dan menambah jenis olahraga yang dilakukan.

Baca juga: Manfaat Olahraga Rutin, Bikin Bahagia hingga Menambah Daya Ingat

"Gaya hidup sedentari atau kurang aktif memang sudah menjadi salah satu masalah di Indonesia, bahkan jauh sebelum pandemi."

Demikian penuturan dokter spesialis kedokteran olahraga, Dr Andhika Raspati, SpKO dalam konferensi pers peluncuran Activ Water melalui aplikasi Zoom, Selasa (14/9/2021).

"Tapi sekarang semakin banyak orang yang mulai berolahraga dan lebih aktif bergerak secara rutin meskipun mobilitas di luar rumah masih terbatas," sambung dia.

Dokter Andhika juga mengungkapkan bahwa gaya hidup aktif sangatlah penting untuk menjaga kesehatan dan imunitas tubuh kita.

Apalagi, aktif bergerak tidak hanya dapat mencegah penyakit Covid-19 saja, tetapi juga sejumlah penyakit di luar Covid-19 yang sama-sama berbahaya.

"Dalam beberapa penelitian disebutkan bahwa orang-orang yang suka rebahan dan jarang bergerak selama masa pandemi rentan terkena Covid-19 dan penyakit kronis lainnya," kata Dr Andhika.

Baca juga: Untuk Kaum Rebahan, Berikut 8 Tanda Kamu Tak Cukup Banyak Bergerak

Nah, untuk mempraktikkan gaya hidup aktif dia pun merekomendasikan cara-cara sederhana seperti mengimbangi NEPA (non exercise physical activities) dengan olahraga rutin setiap hari sekaligus asupan nutrisi yang seimbang.

"NEPA sederhana yang bisa kita lakukan antara lain naik turun tangga untuk melancarkan sirkulasi darah dan membakar kalori atau berjalan kaki guna menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah," terangnya.

"Kita juga bisa melakukan aktivitas sederhana lainnya seperti membersihkan rumah, menggendong dan bermain dengan anak, berkebun, mencuci motor atau mobil," lanjut dia.

Kebutuhan energi untuk tetap aktif

Pentingnya gaya hidup aktif dalam upaya menjaga kesehatan mendorong Konimex untuk meluncurkan inovasi produk terbarunya yakni minuman isotonik + multivitamin, Activ Water.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com