Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/09/2021, 12:19 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sembelit atau konstipasi adalah keluhan umum saat kita sulit buang air besar yang menyebabkan perut terasa tidak nyaman.

American Academy of Gastroenterologists mendefinisikan sembelit sebagai kondisi ketika kita jarang buang air besar dan sulit buang air besar.

Meskipun sembelit dapat dikaitkan dengan kondisi medis yang lebih serius seperti Irritable Bowel Disease (IBD), sering kali pola makan kita menjadi faktor penyebab utamanya.

Kabar baiknya, kita tidak terlalu sulit untuk mulai menambahkan asupan yang baik guna melancarkan buang bair besar dan mencegah sembelit.

"Jika kita dapat membuat perubahan gaya hidup yang konsisten selama dua minggu, kemungkinan kita akan mulai melihat beberapa perubahan," kata ahli gastroenterologi di Austin Gastroenterology, Sanaa Arastu, MD.

"Namun, apabila keadaan tidak berubah setelah dua minggu, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter karena ini bisa menjadi tanda bahwa tubuh kita membutuhkan lebih dari sekadar perubahan pola makan," lanjut dia.

Baca juga: Perubahan Gaya Hidup untuk Cegah Sembelit Kronis

Nah, bicara soal pola makan, berikut adalah 5 cara untuk cegah sembelit yang baik dicoba.

1. Minum air putih yang cukup

Kita semua tahu bahwa minum air putih dalam jumlah yang cukup itu penting untuk banyak hal.

Mulai dari menjaga elastisitas kulit, membuang racun, hingga melancarkan sistem pencernaan kita.

"Semakin banyak air putih yang kita minum, maka semakin baik untuk usus besar," kata Dr Arastu.

"Sebab, jika kita mengalami dehidrasi, tubuh akan menyerap air melalui usus besar yang membuat tinja kering dan keras," ungkap dia.

Ahli diet di New Haven, Connecticut, Laura Wilson, RD menggunakan rumus ini untuk memperkirakan berapa banyak air yang harus kita minum setiap hari.

"Untuk setiap kalori kita memiliki satu sentimeter kubik air. Jadi, diet 2000 kalori berarti setidaknya 2 liter air/cairan per hari," terangnya.

Sementara itu, Dr Arastu biasanya meminta pasiennya untuk minum 2 liter air per hari atau minum air putih lebih banyak untuk membantu serat melakukan tugasnya di usus kita.

Baca juga: Agar Serunya Liburan Tak Terganggu Sembelit

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com