Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biji Apel dari Supermarket Bisa Ditanam, Bagaimana Caranya?

Kompas.com - 20/09/2021, 15:55 WIB
Intan Pitaloka,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber BHG

KOMPAS.com - Kita ternyata dapat menanam pohon apel dari biji buah apel yang kita beli di supermarket.

Meski ini bukan mitos, namun tetap saja prosesnya tidak sekedar menyebarkannya di tanah halaman rumah kita.

Agar pohon apel yang kita tanam sendiri itu menjadi subur hingga berbuah, tentu diperlukan perawatan yang tepat dan banyak kesabaran.

Cara menanam pohon apel dari biji

Untuk memulai, ambil apel pilihan kita dan ambil bijinya dari tengah buah. Berhati-hatilah melakukannya agar biji tidak tergores atau terpotong.

Lalu, bersihkan bijinya, dan tempatkan setiap biji ke dalam pot kecil yang berisi tanah.

Karena apel berasal dari daerah beriklim sedang, bijinya perlu dijaga tetap dingin dan lembab selama beberapa bulan sebelum berkecambah.

Tutup pot dengan kantong plastik untuk menahan kelembapan dan letakkan di lokasi yang tidak panas atau bahkan di lemari es. Kita perlu meniru kondisi yang akan dialami benih di alam selama musim dingin.

Dengan begitu, ketika benih apel bertunas, bibit dapat ditanam di luar dengan aman.

Setelahnya, pindahkan pot ke lokasi yang hangat dan cukup terang dan jaga agar tanah tetap lembap.

Setelah beberapa minggu hingga satu bulan, bibit akan mulai menembus permukaan tanah. Dari sini, kita bisa menanam bibit pohon apel di tanah di tempat yang mendapatkan banyak sinar matahari (sebaiknya sinar matahari penuh).

Lalu, jaga agar bibit-bibit tersebut disiram dengan baik dan diberi pupuk yang seimbang. Tanam setidaknya dua bibit apel sehingga mereka dapat saling menyerbuki untuk menghasilkan buah.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan pohon apel untuk menghasilkan buah?

Diperlukan waktu hingga satu dekade dari saat kita menanam benih hingga pohon yang dihasilkan akan cukup dewasa untuk menghasilkan buah pertamanya.

Dan ingatlah ketika pohon apel berbuah, buah-buahan itu kemungkinan rasanya akan sangat berbeda dari varietas apel darimana bijinya berasal.

Selalu ada kemungkinan buah akan berubah menjadi varietas baru yang menakjubkan, tetapi kemungkinan besar menjadi apel yang kurang enak.

Tetap saja, mencicipi apel pertama yang kita tanam, rasanya akan sepadan dengan semua usaha dan penantian selama bertahun-tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BHG
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com