Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

11 Cara Ampuh Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

Kompas.com - 21/09/2021, 12:32 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Banyak orang bertanya-tanya, apakah ada cara menurunkan berat badan tanpa olahraga?

Sebab, kita semua tahu bahwa cara menurunkan berat badan yang umum dianjurkan adalah menerapkan pola makan sehat dan banyak bergerak atau berolahraga.

Meski teorinya terdengar mudah, namun praktiknya sangat sulit.

Untuk memperbanyak olahraga, misalnya, banyak orang merasa tak selalu bisa meluangkan waktu untuk berolahraga atau adanya keterbatasan fisik.

Hasil yang tak langsung terlihat juga membuat sebagian orang mudah putus asa. Padahal, mereka merasa sudah berusaha keras untuk olahraga agar berat badan turun.

Apakah bisa menurunkan berat badan tanpa olahraga?

Jika mencari cara menurunkan berat badan tanpa olahraga, ketahuilah bahwa tanpa olahraga, menurunkan berat badan mungkin dicapai dalam waktu yang lebih lama.UNSPLASH/DIANA POLEKHINA Jika mencari cara menurunkan berat badan tanpa olahraga, ketahuilah bahwa tanpa olahraga, menurunkan berat badan mungkin dicapai dalam waktu yang lebih lama.
Direktur bedah metabolik dan bariatrik dari Cedars-Sinai Medical Center di Los Angeles sekaligus penulis Weight Issues: Getting the Skinny on Weight Loss Surgery, Dr Scott A Cunneen menjelaskan kepada US News & World Report, olahraga membantu tubuh membakar kalori secara lebih efisien.

Sebab, olahraga dapat membantu mempercepat metabolisme tubuh kita.

Tanpa olahraga, metabolisme tubuh kita mungkin akan melambat.

Metabolisme tubuh yang lebih cepat adalah salah satu alasan mengapa olahraga sangat baik untuk disertakan dalam perencanaan penurunan berat badan.

Hasil memang tergantung dari frekuensi olahraga yang dilakukan, namun berolahraga bisa membantu menurunkan berat badan dengan lebih cepat.

Makan lebih sedikit kalori dan dipadukan dengan olahraga akan membantu kita mencapai target pengurangan kalori lebih cepat.

Sehingga, jika mencari cara menurunkan berat badan tanpa olahraga, ketahuilah bahwa tanpa olahraga, menurunkan berat badan mungkin dicapai dalam waktu yang lebih lama.

Namun, ini tidak selalu buruk. Menurut Ahli gizi sekaligus penulis Prediabetes: A Complete Guide and Diabetes Weight Loss - Week by Week, Jill Wisenberger, menurunkan berat badan secara perlahan bisa lebih mudah untuk dipertahankan daripada melakukannya secara cepat.

Baca juga: 7 Tips Menurunkan Berat Badan di Usia 40 Tahun ke Atas

Cara menurunkan berat badan tanpa olahraga

Berikut sejumlah cara menurunkan berat badan tanpa olahraga yang dapat kita coba terapkan:

1. Mengunyah perlahan

Salah satu cara menurunkan berat badan tanpa olahraga adalah dengan mengunyah perlahan.

Menurut Healthline, otak kita butuh waktu untuk memproses makanan yang kita asup.

Mengunyah makanan secara menyeluruh dapat membuat kita makan lebih lambat dan ini berkaitan dengan penurunan asupan makanan, peningkatan rasa kenyang, dan ukurang porsi yang cenderung lebih kecil.

Sebuah tinjauan 23 studi observasional melaporkan bahwa orang yang makan buru-buru juga lebih mungkin menambah berat badan daripada yang makan perlahan serta lebih mudah gemuk.

Menghitung jumlah kunyahan bisa membantu kita mengunyah secara perlahan.

Baca juga: Studi: Ubah Cara Mengunyah Makanan Bantu Turunkan Berat Badan

2. Menggunakan piring kecil

Menggunakan piring kecil juga dapat menjadi salah satu cara menurunkan berat badan tanpa olahraga karena dapat membantu kita mengurangi jumlah asupan kalori.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com