Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiger Gracia, Sepatu Gulat yang Berevolusi Jadi Sepatu Gaul

Kompas.com - 21/09/2021, 12:58 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Kita mengenal Onitsuka Tiger sebagai merek sepatu yang populer lewat seri Mexico 66.

Tapi pasti banyak yang tidak tahu bahwa brand asal Jepang itu pernah membuat berbagai sepatu olahraga, mulai dari sepatu basket, lari, hiking, hingga sepatu gulat atau wrestling.

Sejak didirikan oleh Kihachiro Onitsuka pada tahun 1949, brand asal Kobe, Jepang ini memang membuat sepatu olahraga. Namun setelah merger dengan brand lain dan bersatu dalam bendera ASICS, semua sepatu olahraga kemudian diberi merek ASICS.

Onitsuka Tiger GraciaOnitsuka Tiger Onitsuka Tiger Gracia
Tentu saja Onitsuka sebagai cikal bakal perusahaan itu tetap membuat sepatu-sepatu berdasarkan desain awal yang kini banyak digemari orang sebagai sepatu lifestyle.

Nyaris semua sepatu Onitsuka yang kini kerap terlihat di mal atau jalanan memiliki sejarah sebagai sepatu olahraga. Dalam hal ini Onitsuka Tiger bisa dibilang berhasil memadukan fashion dengan sport, dan tradisi dengan inovasi.

Baca juga: Sepatu Pertama Onitsuka Tiger, Seperti Apa Bentuknya?

Onitsuka Tiger GraciaOnitsuka Tiger Onitsuka Tiger Gracia
Adapun salah satu sepatu lifestyle terbaru yang tidak lepas dari arena pertandingan adalah Tiger Gracia.

Sepatu berbentuk boots simpel yang hadir dalam warna hitam dan krem ini dibuat berdasarkan sepatu gulat jaman dulu.

Kompas.com sempat melihat sepatu gulat dengan bentuk serupa yang dibuat tahun 1955 dan 1972 di museum ASICS Sport di Kobe, Jepang.

Namun bentuk yang paling mirip dengan Tiger Gracia adalah sepatu resmi tim gulat Jepang yang dipakai di Olimpiade London tahun 2012.

Tiger Gracia terbuat dari kulit lembut di bagian atas dengan siluet minimalis tanpa hiasan. Hanya ada tulisan Tiger yang timbul di bagian lidah sepatu, serta di bagian belakang atas tumit yang tidak kentara.

Bahkan tidak ada garis khas Onitsuka (Tiger stripe) yang menjadi ciri khas brand tersebut.

Baca juga: Kisah Unik Lahir dan Bangkitnya Onitsuka Tiger

Sepatu gulat yang dipakai tim Jepang di Olimpiade London 2012Wisnubrata/Kompas.com Sepatu gulat yang dipakai tim Jepang di Olimpiade London 2012
Bagian outsole-nya juga dibuat tipis dengan dua lapisan insole untuk kenyamanan pemakainya. Jadi kita tidak harus memakainya di atas matras gulat, namun bisa dibawa nge-mal.

Sepatu unisex ini baru diperkenalkan bulan September 2021 dan menurut situs Onitsuka Tiger, harganya adalah Rp 3.399.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com