Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/09/2021, 15:19 WIB
Intan Pitaloka,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Seiring waktu, sepatu baru yang sangat kita sukai bisa saja mengeluarkan bau yang tidak sedap, hingga membuat kita dan orang lain tidak nyaman.

Hal ini terjadi karena keringat membasahi bahan sepatu kita dan memungkinkan bakteri penyebab bau berkembang di dalam sepatu.

Menurut ahli, cara terbaik untuk mengatasi bau sepatu adalah dengan menghilangkan kelembapan, baik dengan membiarkan sepatu benar-benar kering di sela-sela pemakaian dan merawatnya dengan produk anti lembap.

"Penyebab utama bau pada semua jenis sepatu adalah kelembapan, yang menyebabkan banyak masalah, mulai dari bakteri penyebab bau hingga infeksi jamur pada kulit," kata Timothy Oldani, DPM, FACFAS, ahli penyakit kaki.

"Membatasi jumlah kelembapan di bagian bantalan dan lapisan dalam sepatu sangat penting," tambahnya.

Sesuatu yang dapat kita lakukan adalah dengan mengenakan jenis kaus kaki atau stoking yang tepat. Seringkali, bahan yang menyerap kelembapan, seperti katun, dapat mencegah kaki kita kepanasan.

Cara menjaga sepatu kasual dan high heels agar tidak bau

Cara terbaik lainnya untuk membatasi kelembapan berlebih pada sepatu hak tinggi dan sepatu kasual adalah dengan mengurangi jumlah keringat yang dihasilkan kaki kita saat memakainya.

"Menggunakan bedak penyerap bau merupakan langkah awal yang bagus," kata Dr. Oldani.

"Jika ini tidak berhasil, ada obat resep yang dapat diresepkan oleh ahli penyakit kaki untuk mencegah keringat berlebih."

Baca juga: Ini Cara Menghilangkan Bau Sepatu Secara Alami

Ilustrasi sepatu baushutterstock Ilustrasi sepatu bau
Cara menjaga sepatu kerja dan atletik agar tidak bau

Dr. Oldani mengatakan bahwa sepatu bot kerja dan sepatu atletik adalah yang paling mudah menjadi bau karena kelembapan, jadi tidak heran jika sepatu jenis ini menjadi yang paling bau di rak sepatu kita.

"Setelah digunakan, sepatu ini harus ditempatkan di area yang berventilasi baik dalam posisi tegak," katanya.

"Kemudian, gunakan semprotan disinfektan dan pewangi pada insole dan liner."

Jika sepatu tersebut sangat basah, ia menyarankan untuk melepas liner seluruhnya, dan biarkan hingga kering di malam hari. Sepatu harus benar-benar bebas kelembapan sebelum kita menggunakannya kembali.

Yang perlu dilakukan jika sepatu masih lembap

Jika kita masih mengalami sepatu yang berkeringat dan bau, Dr. Oldani mengatakan untuk membeli produk yang melindungi alas kaki dan lapisan sepatu, sepeti semprotan anti air khusus sepatu.

"Ini bisa sangat membantu dalam mencegah kelembaban menembus alas sepatu, sehingga meminimalkan pembentukan bakteri penyebab bau," jelasnya.

Baca juga: 3 Faktor Pemicu Bau Kaki dan Cara Mengatasinya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com