Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Upaya Meraih Kekebalan Komunal untuk Akhiri Pandemi Covid-19

Kompas.com - 25/09/2021, 15:26 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Kekebalan komunal (herd immunity) adalah konsep dalam epidemiologi yang menggambarkan bagaimana orang secara kolektif dapat mencegah infeksi jika 60-80 persen penduduk telah mempunyai kekebalan.

Kekebalan tersebut bisa diperoleh melalui program vaksinasi atau infeksi secara alamiah.
Berbagai upaya untuk membentuk kekebalan komunal terus didorong pemerintah demi keselamatan masyarakat.

Salah satu program untuk membentuk kekebalan komunal telah berhasil dilakkan di Desa Banjar Sari. Program ini merupakan kolaborasi dari Gerakan Indonesia Pasti Bisa dan Anak Bangsa Peduli, bersama pemerintah Kabupaten Bekasi.

Baca juga: Ahli: Meski Ada Vaksin Covid-19, Tak Mungkin Herd Imunity Tercapai Setahun

Sejak periode Agustus-September 2021, sebanyak 7.000 warga telah divaksin dan desa Banjarsari menjadi desa pertama yang tingkat vaksinasinya mencapai 100 persen di wilayah Kabupaten Bekasi.

Keberadaan vaksin sangatlah penting karena vaksinasi menjadi upaya pemerintah untuk menekan angka kematian akibat Covid-19. Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan, dari seluruh kasus kematian akibat Covid-19, sebanyak 94 persen terjadi pada orang yang belum divaksin.

Peresmian program Desa Kekebalan Komunal Banjar Sari, kabupaten Bekasi.Dok Gerakan Indonesia Pasti Bisa Peresmian program Desa Kekebalan Komunal Banjar Sari, kabupaten Bekasi.

Dalam peresmian desa kekebalan komunal, diserahkan pula bantuan berupa penyediaan satu MCK dan tiga titik sanitasi air bersih.

“Desa Banjarsari adalah contoh pertama di Indonesia untuk desa kekebalan komunal. Semua warga di sini sudah 100 persen tervaksinasi. Para pejabat desanya pun sudah membuat pakta integritas sejak awal program,” jelas direktur Global Huminatrian Response, Wanda Ponika.

Ia mengatakan, bantuan sarana sanitasi itu untuk meningkatkan kesehatan fisik warga desa. Selain itu, diberikan pula bantuan bagi warga penyandang disabilitas, serta bantuan untuk mushola.

Sekda Kabupaten Bekasi, Herman Hanapi mengatakan, setelah divaksin kini warga desa bisa menjalankan aktivitas dengan normal, namun wajib tetap menjalankan protokol kesehatan.

“Kekebalan komunal bukan berarti bebas dari masker, namun masih harus tetap menjaga prokes agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari Covid-19,” katanya.

Baca juga: Kejar Herd Immunity, Pemkot Bekasi Ajak Masyarakat Vaksinasi Covid-19

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com