Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangun dengan Kulit Glowing dan Pikiran Segar, Mau Tahu Rahasianya?

Kompas.com - 26/09/2021, 07:06 WIB
Intan Pitaloka,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Internet dibanjiri dengan tips kecantikan, aturan, dan produk, yang diklaim dapat membuat kulit bercahaya seperti dambaan.

Namun di antara banyak saran tersebut, salah satu tips yang terbukti berguna untuk mendapatkan kulit yang glowing adalah tidur berkualitas atau tidur nyenyak di malam hari.

Menurut National Sleep Foundation (NSF), anak-anak sekolah disarankan tidur 9-11 jam, remaja 8-10 jam, tujuh hingga sembilan jam untuk orang dewasa, dan tujuh hingga delapan jam untuk mereka yang berusia di atas 65 tahun.

Istirahat malam yang baik akan membuat kita terlihat segar bahkan setelah hari yang melelahkan.

Namun, tidak semua orang bisa dengan mudah tidur nyenyak. Selain itu, agar mendapatkan kulit yang sehat, ada beberapa hal yang harus dilakukan sebelum tidur.

Baca juga: 7 Kebiasaan Sehat yang Dapat Membantu Kita Tidur Lebih Nyenyak

Nah bila kamu termasuk orang yang sulit tidur, berikut adalah beberapa tips agar bisa mendapatkan tidur berkualitas sekaligus kulit bercahaya esok harinya.

1. Singkirkan semua gadget

Meskipun kita benar-benar ingin mengecek medsos, melihat berita yang mungkin kita lewatkan, atau menonton episode terakhir dari serial Netflix, pakar kesehatan sangat menyarankan untuk menyingkirkan semua barang elektronik sebelum tidur.

Ini dikarenakan emisi cahaya biru terus menerus dari perangkat seperti laptop, smartphone, dan televisi dapat menghambat pelepasan melatonin, hormon yang bertanggung jawab untuk menginduksi tidur.

Membuat kamar tidur bebas gadget mendorong tidur malam yang nyenyak dan membantu meningkatkan kualitas tidur.

Kita sebaiknya mematikan lampu saat tidur atau menggunakan lampu yang tidak terlalu terang agar tubuh memahami bahwa ini waktunya istirahat.

Tetapkan tempat khusus untuk gadget dan matikan layarnya setidaknya satu jam sebelum waktu tidur. Agar tidak tergoda membukanya, kamu bisa meletakkan ponsel dan perangkat lain di luar kamar tidur.

Baca juga: Perhatikan, 6 Risiko dari Main Ponsel Sebelum Tidur

2. Mandi air hangat dengan garam epsom

Setelah seharian bekerja, bersantailah dengan mandi air hangat yang diberi garam Epsom untuk meningkatkan kualitas tidur. Cara ini dapat menenangkan otot, mengurangi pembengkakan, dan menghilangkan rasa sakit.

Berendam dalam bak air hangat dengan garam epsom selama kurang lebih 15 menit dapat membantu tubuh kita menyerap manfaat dari magnesium sulfat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com