Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intip Koleksi Barang Mewah yang Dimiliki Elon Musk

Kompas.com - 27/09/2021, 09:50 WIB
Gading Perkasa,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Elon Musk dikenal sebagai pria jenius yang memiliki banyak sekali perusahaan.

Ia merupakan pendiri, CEO, dan Chief Engineer Space X, perusahaan yang merevolusi konektivitas internet satelit melalui proyek bernama Starlink.

Selain itu Musk juga salah satu pendiri dan CEO manufaktur mobil Tesla, pendiri perusahaan konstruksi AS The Boring Company, serta salah satu pendiri OpenAI dan Neuralink.

Jumlah perusahaan yang berada di bawah kendalinya membuat Musk kerap menempati posisi teratas sebagai orang terkaya di dunia.

Seperti dilaporkan Forbes, jumlah kekayaan Musk mencapai 189,9 miliar dollar AS atau sekitar Rp 2,6 kuadriliun per tanggal 21 September 2021.

Dengan pundi-pundi sebesar itu, rasanya tak heran jika ia memiliki banyak koleksi barang mewah, mencakup mobil listrik hingga pesawat jet pribadi.

Baca juga: Elon Musk Tak Terima Gaji dari Tesla pada 2020, tapi...

Yuk, kita intip lebih jauh deretan koleksi barang mewah bos Tesla ini.

McLaren F1 Road 1995 McLaren F1 Road 1995

1. McLaren F1

Dalam sebuah tweet pada 10 Juni 2018, Musk menceritakan dirinya membeli McLaren F1 setelah menjual perusahaan pertamanya --Zip2, ke Compaq.

"19 tahun yang lalu, ketika perusahaan pertama saya dibeli, saya harus memutuskan antara membeli rumah di Palo Alto atau McLaren F1 (mobil terbaik yang pernah ada)," tulis pria tersebut.

"Saya membeli F1 dan kondominium kecil yang jauh lebih murah daripada mobil."

Setelah membeli McLaren F1, Musk memamerkan mobil tersebut kepada kru CNN TV yang datang untuk mewawancarainya.

Di tahun 2000, ketika mengendarai McLaren F1 ditemani co-founder PayPal Peter Thiel, mobil itu mengalami kecelakaan di Sand Hill Road, California, AS. Mobil rusak parah namun kedua penumpang tidak terluka.

Baca juga: McLaren F1 Langka Tahun 1995 Dilelang, Harganya?

Musk lantas memperbaiki McLaren F1 dan menjual mobil itu pada 2007.

"Mclaren adalah mobil yang hebat. Ini adalah karya seni, karya rekayasa yang sangat indah. Tetapi saya tidak ingin orang menulis saya memiliki mobil sport bensin. Jadi saya menjualnya," papar Musk dalam wawancara dengan Wheels Magazine pada 2013.

Ketika itu, McLaren F1 dibeli Musk seharga 1 juta dollar AS (setara Rp 14,2 miliar jika mengikuti kurs rupiah saat ini).

McLaren F1 hanya diproduksi sebanyak 106 unit oleh manufaktur McLaren. Mengingat jumlah unit yang terbatas, wajar apabila nilai mobil tersebut senantiasa meningkat dari tahun ke tahun.

Di tahun 2020, McLaren F1 yang dilelang di Pebble Beach di California, AS terjual seharga 20,5 juta dollar AS atau lebih kurang Rp 292 miliar.

Padahal, nilai perkiraan untuk mobil itu hanya sekitar lima juta dollar AS atau sekitar Rp 71,2 miliar.

Penggemar serta kritikus mobil secara general memandang McLaren F1 sebagai salah satu supercar terbaik dan terhebat sepanjang sejarah otomotif.

Baca juga: Free Fire Kolaborasi dengan McLaren Racing, Hadirkan McLaren P1 dan Supercar

2. Tesla Roadster

Roadster seringkali disebut sebagai mobil ikonik Tesla karena dua alasan. Pertama, Roadster merupakan mobil pertama garapan Tesla (dikenalkan pada 2008). Dan terakhir, mobil ini adalah kreasi pertama Tesla yang diluncurkan ke luar angkasa.

Mobil listrik ini dapat menempuh jarak sekitar 394 km dalam sekali pengisian daya dan mencapai batas kecepatan lebih dari 200 km/jam.

Juga, tergantung dari varian setiap Roadster, mobil ini bisa melaju dari 0-100 km/jam dalam rentang waktu 3,7 detik-4,6 detik.

Baca juga: Lagi Tesla Kecelakaan Fatal, Sistem Otonomus Jadi Penyebab

Pada 2 Desember 2017, Musk mengumumkan rencananya lewat akun Twitter untuk mengirim Roadster miliknya ke luar angkasa.

Tidak lama dari pengumuman itu, tepatnya di tanggal 6 Februari 2018, Roadster diluncurkan ke luar angkasa menggunakan roket Space X Falcon Heavy.

Roadser milik Musk yang dikirim ke luar angkasa itu disebut sebagai Roadster generasi pertama.

Pasangan Pangeran Harry dan Meghan Markle mengendarai Jaguar E-Type Concept Zero saat pergi ke acara pesta pernikahan mereka pada Sabtu (19/5/2018). Mark Stewart LTD Pasangan Pangeran Harry dan Meghan Markle mengendarai Jaguar E-Type Concept Zero saat pergi ke acara pesta pernikahan mereka pada Sabtu (19/5/2018).

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com