Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/09/2021, 17:33 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Jalan kaki bisa menjadi salah satu cara untuk mengecilkan perut buncit.

Namun, sebelumnya kita perlu memahami dulu bahwa tidak ada olahraga yang dapat menargetkan menghilangkan lemak pada satu area tubuh.

Jika ingin mengecilkan perut buncit, atau lemak di area tubuh lainnya, kita harus menerapkan pola hidup sehat secara keseluruhan, termasuk menerapkan pola makan sehat dan seimbang serta defisit kalori, mengelola stres, dan tidur cukup. Semuanya berkontribusi terhadap usaha menghilangkan lemak perut.

Penyebab perut buncit

Mengutip pemberitaan Kompas.com (27/09/2021), ada dua kenis lemak perut yang utama, yakni lemak viseral dan subkutan.

Lemak viseral adalah jenis lemak yang berada di antara organ-organ tubuh kita dan dikenal sebagai lemak perut.

Menurut WebMD, sekalipun kita memiliki berat badan dan indeks massa tubuh (BMI) normal, terlalu banyak lemak perut juga dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Untuk mengecilkan perut buncit dan lemak perut, kita perlu melakukan perubahan gaya hidup secara keseluruhan. Ulasan lengkap tentang cara mengecilkan perut buncit dapat dilihat pada tautan ini.

Baca juga: 10 Pilihan Olahraga Mengecilkan Perut Buncit, Mau Coba?

Bisakah jalan kaki untuk mengecilkan perut buncit?

Jalan kaki dapat membantu mengecilkan perut buncit. Kombinasi pola makan sehat dan seimbang dan olahraga dapat membantu kita mengecilkan perut buncit dan lemak perut.PEXELS/DANIEL RECHE Jalan kaki dapat membantu mengecilkan perut buncit. Kombinasi pola makan sehat dan seimbang dan olahraga dapat membantu kita mengecilkan perut buncit dan lemak perut.
Kombinasi pola makan sehat dan seimbang dan olahraga dapat membantu kita mengecilkan perut buncit dan lemak perut.

Menurut Harvard Health Publishing, seperti dikutip Livestrong, berbagai jenis olahraga bisa membantu kita membakar kalori dan meluruhkan lemak, termasuk jalan kaki.

Jalan kaki dengan kecepatan moderat selama sekitar 30-60 menit per hari bisa menjadi langkah awal yang baik untuk mengecilkan perut buncit.

Sementara itu, pada sebuah studi yang dipublikasikan di Journal of Exercise Nutrition & Biochemistry, para peneliti mendalami efek jalan kaki terhadap wanita obesitas dan menemukan olahraga ini cukup efektif dalam membantu mengecilkan perut buncit dan juga memberikan manfaat kesehatan lainnya.

Meski begitu, jika ingin hasilnya lebih optimal, kita dapat menggabungkan jalan kaki dengan jenis olahraga lainnya, misalnya jenis olahraga kardio lain dan latihan kekuatan.

Baca juga: 6 Manfaat Jalan Kaki untuk Menurunkan Berat Badan


Cara jalan kaki untuk mengecilkan perut buncit

Berikut beberapa trik yang dapat diterapkan sebagai cara jalan kaki untuk mengecilkan perut buncit:

1. Jalan kaki setelah makan besar

Untuk mengecilkan perut buncit kita bisa jalan kaki setelah makan besar.PEXELS/RODNAE PRODUCTION Untuk mengecilkan perut buncit kita bisa jalan kaki setelah makan besar.
Melansir Eat This Not That, pelatih kebugaran selebriti, Joey Thurman, CES, CPT, FNS mengatakan, efek pembakaran lemak dari jalan kaki bisa kita dapatkan jika kita melakukannya segera setelah makan besar.

Jalan kaki selama sekitar 10-30 menit setelah makan besar dapat membantu menghasilkan perut yang rata.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com