Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/09/2021, 06:13 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tahun-tahun tumbuh gigi pada bayi biasanya dimulai sekitar usianya menginjak enam bulan, ketika gigi kecil mulai menembus gusi bayi.

Selama waktu ini, bayi mungkin menjadi rewel dan menunjukkan gejala tumbuh gigi yang biasa.

Meskipun tumbuh gigi dapat menyebabkan bayi merasa sedikit rewel dan tidak nyaman, namun tumbuh gigi tidak akan menimbulkan demam pada bayi.

Tapi, jika demam terjadi, itu tidak terkait dengan tumbuh gigi dan kita harus mencari bantuan medis karena hal lain akan menyebabkan demam.

Jadwal tumbuh gigi bayi

Tunas untuk berbagai jenis gigi bayi tumbuh dengan kecepatan yang berbeda.

Baca juga: Kapan Bayi Mulai Tumbuh Gigi?

Yang pertama muncul sekitar enam bulan adalah dua gigi depan bawahnya, segera diikuti sebulan kemudian oleh gigi tengah atas. Ini adalah gigi seri tengahnya.

Pada usia 9-12 bulan, bayi akan mendapatkan empat gigi lagi, satu di kedua sisi gigi tengah dan ini adalah gigi seri lateralnya.

Gigi tersebut biasanya muncul berpasangan, dua di satu sisi, lalu dua di sisi lain.

Sekitar 14 bulan, geraham pertamanya yang lebih besar dengan permukaan datar untuk menghancurkan makanan akan muncul di atas dan bawah, meninggalkan celah di antara gigi serinya.

Kemudian, pada usia 18 bulan, empat gigi taring yang lebih tajam mengisi bagian atas dan bawah yang digunakan untuk merobek makanan.

Lalu, sekitar 26 bulan, dua pasang geraham kedua akan muncul di bagian belakang mulutnya dengan permukaan datar yang lebar untuk menggiling makanan.

Tentu saja, usia di mana gigi tumbuh sangat bervariasi seperti beberapa bayi berbicara lebih awal dan yang lain berjalan lebih awal.

Maka dari itu, penting juga untuk mengunjungi dokter gigi untuk berkonsultasi lebih lanjut mengenai proses pertumbuhan gigi pada bayi.

Gejala tumbuh gigi

Setiap bayi dapat tumbuh gigi pada waktu dan dalam urutan yang berbeda-beda.

Untuk itu, sebagai orangtua kita harus mengetahuinya agar dapat membedakannya dengan gejala demam, dan bisa segera mengatasinya.

Baca juga: Tumbuh Gigi Bikin Anak Rewel, Atasi dengan 6 Langkah Ini

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com