Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karakter Ikonik The Popo dalam Sepasang Sepatu Slip On

Kompas.com - 30/09/2021, 16:24 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Sederhana tapi unik. Mungkin kalimat ini terasa pas untuk menggambarkan karya ikonik muralis Ryan Riyadi, The Popo.

Karakter berbentuk manusia dengan kepala lonjong serta tanpa rambut dan pakaian itu sudah cukup dikenal dengan reputasinya yang lekat dengan identitas generasi muda.

Identitas itu lah yang juga ingin dihadirkan oleh Findd, brand fesyen asal Jakarta, yang menggandeng The Popo untuk koleksi kolaborasi mereka, FINDD x The Popo Streek Slip On Shoes.

Koleksi ini merupakan penanda kehadiran Findd di industri fesyen tanah air.

FINDD x The Popo Streek Slip On Shoes adalah sepatu slip on kanvas berwarna dasar hitam, dengan signature karakter alpukat pada upper dan pada bagian tumit samping.

Sepatu ini mencoba menjawab kebutuhan generasi muda urban yang ingin tampil kekinian dengan produk berkualitas yang tetap terjangkau. Adapun koleksi kolaborasi yang dirilis terbatas itu dibanderol dengan harga Rp 279.999.

Founder Findd Bayu Hedianto meyakini, brand lokal seharusnya menyediakan produk yang dapat dijangkau dan diakses oleh masyarakat luas.

Tak hanya melalui sepatu, brand yang berdiri pada Juli 2021 itu juga berusaha menghadirkan produk tas berkualitas dengan harga terjangkau, yang harganya berkisar Rp 19.999 hingga Rp 99.999.

"Findd dibuat atas keresahan kita semua, atas terlalu banyaknya local brand yang terlalu segmented. Namanya local brand kenapa enggak semua orang Indonesia bisa beli dan pakai produk ini,” kata Bayu, seperti dikutip Kompas.com dari keterangan tertulisnya.

Baca juga: Intip Koleksi Brand Lokal Erigo di Panggung New York Fashion Week

Citier (rolltop backpack) dan FINDD x The Popo Streek Slip On Shoes.DOK FINDD Citier (rolltop backpack) dan FINDD x The Popo Streek Slip On Shoes.

Dia menambahkan, selain membatasi jangkauan produk ke kelompok masyarakat yang lebih luas, produk lokal yang terlalu tersegmentasi juga dikhawatirkan mengikis daya saing brand lokal terhadap kepungan produk impor.

"Tujuan kami bangun brand local Findd ini, agar semua orang Indonesia tanpa memandang status sosial bisa beli dan pakai brand kita," ujarnya.

Memiliki latar belakang di industri fesyen dan memproduksi sendiri produknya adalah beberapa alasan mengapa brand yang melakukan produksi di Jakarta, Bandung, dan Tangerang itu bisa menekan harga produknya.

Selain itu, mereka juga memiliki mitra kerja yang sesuai dengan kebutuhan brand untuk membantu mencapai biaya produksi yang sudah direncanakn.

"Kami percaya sebaik-baiknya brand lokal adalah brand yang produknya bisa dijangkau oleh banyak orang," kata Bayu.

Baca juga: Sneaker Lokal Athletica Raih Sukses dari Tren Berolahraga Masyarakat

Menghadirkan inovasi

Citier (rolltop backpack) dan FINDD x The Popo Streek Slip On Shoes.DOK FINDD Citier (rolltop backpack) dan FINDD x The Popo Streek Slip On Shoes.
Findd juga tetap mencoba menuangkan inovasi dalam produk-produknya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com