Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/10/2021, 12:11 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tips haircare rumahan dengan cara mencampur kopi dengan sampo kini sedang jadi pembahasan warganet di media sosial.

Banyak yang mengklaim mendapatkan manfaat baik untuk kesehatan rambutnya dengan campuran sederhana ini. Efeknya bahkan disebut jauh lebih baik dibandingkan perawatan yang lebih rumit atau pergi ke salon.

Cara penggunaannya juga amat sederhana, tinggal mencampur sebungkus kopi instan dengan sampo yang biasa dipakai. Bagi sebagian orang, metode ini murah, mudah sekaligus efektif.

Namun, ada pula yang khawatir dengan dampak buruknya pada kondisi rambutnya. Kopi instan yang memiliki sejumlah campuran kandungan, termasuk gula atau krimer, dianggap belum tentu baik untuk rambut.

Di sisi lain, banyak yang merasa rugi jika harus menggunakan bubuk kopi murni untuk mengikuti tren ini.

Baca juga: Tren TikTok Campur Kopi dan Sampo, Apa Manfaatnya untuk Rambut?

Sebenarnya, haircare alami menggunakan kopi untuk keindahan rambut tidak harus menggunakan kopi instan atau kopi murni. Kita juga bisa menggunaan sisa ampas kopi yang didapatkan dari sisa seduhan minuman sarat kafein itu.

Berdasarkan sejumlah penelitian, ampas kopi saja sudah memiliki sejumlah manfaat untuk rambut.

Jadi, jangan buang ampas kopi yang kita nikmati setiap pagi. Sisihkan ampasnya dan gunakan ketika saatnya mencuci rambut.

Ampas kopi dan sampo bermanfaat untuk rambut

Campuran kopi dan sampo yang kini sedang jadi pembahasan memang memberikan efek baik bagi rambut karena berbagai alasan. Bahkan, ampas kopi juga bisa dipakai untuk campuran cairan pembersih rambut yang kita pakai.

Ampas kopi umumnya ditemukan jika kita mengkonsumsi kopi tradisional. Namun kini banyak pula kopi instan yang hadir dengan tambahan ampas.

Baca juga: 10 Hal yang Bikin Rambut Cepat Panjang

Dikutip dari pemberitaan Kompas.com pada (11/05/2020), ampas kopi dapat mengangkat dan mencegah penumpukan sel kulit mati di kepala.

Ampas kopi memiliki tekstur yang kasar sehingga bisa memberikan efek eksfoliating khususnya bagi sel kulit mati yang membandel. Kita bisa menggosokannya secara perlahan ketika mencuci rambut.

Selain itu, ampas kopi juga bersifat antioksidan sehingga mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Paparan sinar matahari yang berlebihan juga dapat berpengaruh buruk pada kekuatan rambut maupun warnanya jika sudah dicoloring.

Campuran sampo dan kopi juga memberikan manfaat stimulasi pertumbuhan rambut. Hal ini berdasarkan sejumlah studi tes tabung yang membuktikan ampas kopi mengandung kafein yang dapat merangsang munculnya anak rambut.

Artinya, rambut kita bisa jadi lebih subur jika menggunakan campuran sampo dan kopi dengan tepat.

Baca juga: 10 Manfaat Ampas Kopi yang Jarang Diketahui

Dalam beberapa studi pada manusia dan hewan uji, mengoleskan kafein ke kulit juga dapat meningkatkan aliran darah sehingga kulit kepala lebih sehat dan rambut lebih mudah tumbuh.

Kita bisa mengaplikasikannya dengan menggunakan segenggam ampas kopi untuk dioleskan ke rambut secara menyeluruh. Lakukan selama beberapa menit sembari digosokkan di kulit kepala.

Setelah itu, bersihkan dengan air mengalir dan sampo sampai seluruh ampas sirna. Lakukan dua kali seminggu untuk hasil optimal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com