Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/10/2021, 15:54 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Hipotensi atau tekanan darah rendah tidak selalu menunjukkan gejala dan tidak selalu merupakan masalah kesehatan.

Meski begitu, periode tekanan darah rendah yang panjang dan disertai gejala dapat menjadi perhatian.

Beberapa makanan untuk tekanan darah rendah bisa membantu untuk meningkatkan tekanan darah.

Menurut Mayo Clinic, tekanan darah rendah yang tidak normal dapat menyebabkan pusing dan pingsan. Pada kasus yang parah, tekanan darah rendah juga bisa mengancam jiwa.

Tekanan darah rendah adalah kondisi ketika pembacaan tekanan darah lebih rendah dari 90 mm Hg untuk sistolik atau 60 mm Hg untuk diastolik.

Penyebab tekanan darah rendah bervariasi, termasuk dehidrasi, kekurangan nutrisi tertentu, konsumsi obat-obatan, dan gangguan medis serius yang mendasari.

Baca juga: 11 Penyebab Tekanan Darah Rendah dan Gejalanya

Gejala tekanan darah rendah

Kelelahan adalah salah satu gejala tekanan darah rendah. Mengonsumsi makanan untuk tekanan darah rendah bisa membantu mengatasinya sebelum menjadwalkan kunjungan ke dokter.FREEPIK/TIRACHARDZ Kelelahan adalah salah satu gejala tekanan darah rendah. Mengonsumsi makanan untuk tekanan darah rendah bisa membantu mengatasinya sebelum menjadwalkan kunjungan ke dokter.
Bagi sebagian orang, tekanan darah rendah adalah sinyal adanya penyakit yang mendasari, terutama jika tekanan darah anjlok secara tiba-tiba atau diikuti dengan gejala seperti:

  • Pusing
  • Pingsan
  • Kehilangan pengelihatan
  • Mual
  • Kelelahan
  • Kurang konsentrasi

Tekanan darah rendah ekstrem bisa memicu kondisi yang mengancam jiwa. Tanda dan gejala tekanan darah rendah ekstrem antara lain:

  • Kebingungan, terutama pada orang yang lebih tua
  • Kulit dingin, lembap, pucat
  • Napas cepat dan dangkal
  • Denyut nadi lemah dan cepat

Baca juga: Apa Benar Makan Daging Kambing Bisa Mengobati Darah Rendah?

Makanan untuk tekanan darah rendah

Penting untuk mengetahui penyebab tekanan darah yang dialami oleh seseorang. Hal tersebut dapat membantu menentukan makanan atau minuman mana yang bermanfaat untuk dikonsumsi.

Untuk mengetahuinya secara pasti, penting untuk berkonsultasi dengan dokter.

Berikut sejumlah makanan untuk tekanan darah rendah yang perlu diperhatikan, termasuk jika ada minuman atau cairan yang perlu dikonsumsi atau dihindari:

1. Air

Air adalah salah satu minuman atau makanan untuk tekanan darah rendah yang perlu diperhatikan.SHUTTERSTOCK Air adalah salah satu minuman atau makanan untuk tekanan darah rendah yang perlu diperhatikan.
Dehidrasi adalah salah satu penyebab utama tekanan darah rendah. Itulah mengapa, air adalah salah satu minuman atau makanan untuk tekanan darah rendah yang perlu diperhatikan.

Menurut Healthline, dehidrasi dapat menurunkan volume darah dan menjadi salah satu penyebab tekanan darah rendah.

Jadi, menjaga tubuh tetap terhidrasi penting, termasuk ketika berolahraga.

Dokter merekomendasikan orang-orang dengan tekanan darah rendah minum sekitar delapan gelas atau sekitar dua liter per hari.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com