Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Membangun Self-Esteem yang Sehat untuk Anak Laki-laki

Kompas.com - 07/10/2021, 14:24 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Moms

KOMPAS.com - Bicara mengenai harga diri (self-esteem), seperti anak perempuan, anak laki-laki ternyata juga berisiko tinggi mengalami masalah ini.

Anak laki-laki cenderung merasa harus jantan dan harus bisa, sehingga memunculkan perasaan membenci diri sendiri ketika mereka gagal memenuhi harapan.

Bahkan, seperti yang dicatat oleh Harvard Health, saat ini dunia anak laki-laki dipenuhi anggapan yang ketat, di mana mereka tidak boleh melanggar prinsip kejantanan dengan menangis dan harus menyamakan diri mereka dengan anak laki-laki lain.

Hal ini membuat anak laki-laki sangat rentan, dan ketika mereka merasa malu untuk menangis atau menunjukkan perasaan, mereka bisa menjadi terlalu keras pada diri sendiri, sehingga mulai membenci diri mereka.

Mengenal self-hate

Menurut Psychology Today, orang yang membenci diri sendiri (self-hate) mengabaikan hal-hal baik tentang dirinya dan berfokus pada sisi negatif, bahkan ketika orang tersebut mengalami hari yang baik.

Membenci diri sendiri muncul karena perasaan gagal, bersalah, dan rendahnya rasa percaya diri yang mendalam, akibat membandingkan diri dengan orang lain dan merasa tidak bisa melakukan banyak hal.

Meskipun kadang-kadang pernyataan negatif terhadap diri sendiri dianggap biasa, namun bila dilontarkan oleh anak-anak, mereka bisa menjadi negatif terhadap dirinya dan menunjukkan masalah harga diri yang lebih serius.

Baca juga: Anak Laki-laki Pantang Menangis?

Tips membangun self-esteem yang sehat

Kebencian pada diri sendiri bisa terjadi tanpa seseorang menyadari bahwa ada sesuatu yang salah.

Oleh karena itu, langkah pertama adalah membantu anak laki-laki memahami bagaimana perasaan mereka tentang diri mereka sendiri, dan bagaimana hal itu memengaruhi cara mereka melihat diri mereka sendiri.

Kemudian, pertimbangkan saran-saran berikut untuk membangun harga diri yang sehat, seperti yang dilansir dari laman Moms.

1. Kenali perasaan mereka

Mengenali bagaimana perasaan anak laki-laki membuat mereka merasa benar-benar terlihat.

Ketika berbicara dengan seorang anak laki-laki yang membenci diri sendiri, kita mungkin secara alami ingin menyangkal atau melawan hal-hal negatif yang dia katakan tentang dunia atau dirinya sendiri.

Jika anak berkata, "Saya tidak menarik atau semua orang membenci saya," kita mungkin ingin menyangkalnya dan meyakinkannya bahwa dia adalah orang yang hebat dan semua orang menyukainya.

Halaman:
Sumber Moms
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com