Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 05/01/2023, 07:36 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Penyebab badan kurus dan susah gemuk penting untuk diketahui, terutama jika berat badan kita terlalu rendah atau underweight.

Risiko kesehatan kekurangan berat badan sama seperti pada orang yang kelebihan berat badan, termasuk salah satunya tidak mendaaptkan nutrisi yang dibutuhkan untuk membangun tulang, kulit, dan rambut yang kuat, mudah terserang penyakit, anemia, berpotensi melahirkan prematur bagi wanita, dan lainnya.

Kapan seseorang dikatakan memiliki badan terlalu kurus?

Penyebab badan kurus dan berat badan susah naik bisa bervariasi, mulai dari penyebab yang tidak bisa diubah, akibat kebiasaan dan gaya hidup, serta adanya kondisi kesehatan yang mendasari.PEXELS/KETUT SUBIYANTO Penyebab badan kurus dan berat badan susah naik bisa bervariasi, mulai dari penyebab yang tidak bisa diubah, akibat kebiasaan dan gaya hidup, serta adanya kondisi kesehatan yang mendasari.
Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit AS (CDC), merekomendasikan kita untuk menghitung Indeks Massa Tubuh (BMI) untuk mengetahui apakah badan terlalu kurus, terlalu gemuk, atau kita sudah memiliki berat badan sehat.

Menurut Medical News Today, menggunakan BMI dianggap lebih baik sebagai cara menghitung berat badan ideal karena membandingkan berat badan dan tinggi badan.

Berikut kisaran BMI yang dapat menjadi acuan:

  • Berat badan terlalu rendah: BMI kurang dari 18,5
  • Berat badan normal atau sehat: BMI 18,5-24,9
  • Berat badan berlebih: BMI 25-29,9
  • Obesitas: BMI di atas 30

BMI bukan satu-satunya cara menghitung berat badan ideal. Menggabungkan beberapa cara dapat membantu kita mendapatkan gambaran hasil yang lebih akurat.

Untuk mengetahui cara menghitung berat badan ideal, ada beberapa cara yang bisa dicoba. Ulasan lengkapnya ada pada tautan ini.

Baca juga: Waspada, 8 Risiko Kesehatan akibat Tubuh Terlalu Kurus

Penyebab badan kurus

Ada beberapa penyebab badan kurus dan susah gemuk. Penyebabnya bisa bervariasi, mulai dari penyebab yang tidak bisa diubah, akibat kebiasaan dan gaya hidup, serta adanya kondisi kesehatan yang mendasari.

Berikut beberapa penyebab badan kurus dengan berat badan kurang yang mungkin dialami seseorang:

1. Genetik

Penyebab badan kurus yang dimiliki seseorang mungkin terjadi secara alami karena karakteristik fisik yang menurun di keluarga.SHUTTERSTOCK Penyebab badan kurus yang dimiliki seseorang mungkin terjadi secara alami karena karakteristik fisik yang menurun di keluarga.
Penyebab badan kurus yang dimiliki seseorang mungkin terjadi secara alami karena karakteristik fisik yang menurun di keluarga.

Seperti dikutip Kompas.com (06/08/2021) dari SFGATE, faktor genetik tak hanya membuat seseorang memiliki kecenderungan memiliki bentuk tubuh kurus atau gemuk. Beberapa orang juga mungkin memiliki gen yang memengaruhi pengaturan napsu makan mereka dengan cara yang berbeda dari orang-orang yang kelebihan berat badan.

Misalnya, mereka cenderung makan lebih sedikit dan merasa lebih sadar ketika kenyang. Kecenderungan tersebut pada akhirnya menjadi penyebab badan kurus dan berat badan susah naik.

Baca juga: 6 Alasan Mengapa Sebagian Orang Banyak Makan tapi Tetap Kurus

2. Metabolisme tubuh tinggi

Metabolisme tubuh yang tinggi bisa menjadi salah satu penyebab badan kurus dan berat badan susah naik.PEXELS/KAROLINA GRABOWSKA Metabolisme tubuh yang tinggi bisa menjadi salah satu penyebab badan kurus dan berat badan susah naik.
Seseorang yang memiliki metabolisme tubuh tinggi mungkin akan lebih sulit mengalami kenaikan berat badan sekalipun makan makanan tinggi kalori. Jika ini adalah penyebab badan kurus yang Anda alami, perencanaan pola makan dan olahraga bersama profesional medis mungkin dapat membantu mendapatkan berat badan ideal.

Ada beberapa faktor yang memengaruhi tingkat metabolisme basal (BMR) atau jumlah kalori yang dibakar tubuh dalam keadaan istirahat, seperti gen, usia, tinggi badan, berat badan awal, tingkat aktivitas fisik, dan persentase massa otot.

Baca juga: 5 Kebiasaan yang Bisa Memperlambat Metabolisme Tubuh

3. Banyak melakukan aktivitas fisik

Penyebab badan kurus juga bisa karena banyak melakukan aktivitas fisik.FREEPIK/MARYMARKEVICH Penyebab badan kurus juga bisa karena banyak melakukan aktivitas fisik.
Penyebab badan kurus juga bisa karena banyak melakukan aktivitas fisik. Atlet atau seseorang yang memiliki tingkat aktivitas fisik tinggi, seperti pelari, mungkin membakar kalori yang sangat signifikan, sehingga dia memiliki berat badan yang cenderung rendah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com