Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/10/2021, 12:16 WIB
Intan Pitaloka,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Long distance relationship (LDR) atau hubungan jarak jauh menjadi salah satu tantangan bagi pasangan. Tetapi, karena satu dan lain hal terkadang kita harus menjalani hubungan jarak jauh ini.

Salah satu masalah terbesar bagi pasangan LDR adalah kepercayaan. Rasa curiga kerap memunculkan kesalahpahaman, pertengkaran, bahkan perpisahan.

Nah, agar hubungan LDR berjalan mulus dan bahagia, coba ikuti 4 tips agar hubungan LDR langgeng dan bahagia dari Riliv Psikologi Indonesia berikut!

1. Saling percaya 

Setiap hubungan yang langgeng dan awet dibutuhkan rasa percaya sebagai fondasi. Tentunya hal ini bukan hal mudah bagi pasangan yang LDR, di mana kita hanya bisa "berjumpa" melalui layar dan berkomunikasi lewat ponsel.

Jika merasa sulit untuk mempercayai pasangan, mulailah dengan meyakini bahwa dia juga menaruh kepercayaan terhadap kita. Jika kepercayaan itu dikhianati olehnya, artinya dia yang tidak bisa menjaganya. Jadi, itu bukan salah kita.

Baca juga: 7 Kunci Keberhasilan agar LDR Tetap Awet

2. Lakukan komunikasi, tapi jangan mengekang

Komunikasi adalah kunci setiap hubungan. Hal itu juga berlaku dalam hubungan LDR, bahkan, ini sangat berarti.

Komunikasi yang menggunakan perantara seperti laptop atau gawai akan menimbulkan lebih banyak kesalahpahaman daripada komunikasi tatap muka. Karenanya berhati-hatilah dalam memilih kata yang ingin disampaikan. Lebih baik tenangkan diri sebelum menyampaikan sesuatu yang akan disesali.

3. Posisikan diri sebagai pasangan kita

Salah satu “keuntungan” dari hubungan LDR adalah lebih bebas. Misalnya lebih banyak waktu me-time dan bertemu teman. Tetapi, ingat batasan ya.

Ketika muncul godaan, coba posisikan diri sebagai pasangan kita. Beberapa kilometer dari tempat kita, pasangan percaya kalau kita tidak akan menyakitinya.

Baca juga: Curiga Suami Selingkuh, Perhatikan 10 Tanda Ini

4. Jadikan LDR sebagai sebuah “tes”

Berhentilah berpikir bahwa LDR adalah sebuah hambatan yang harus disingkirkan dalam hubungan. Mulailah mengadopsi mindset ini: Jika kuat menghadapi LDR bersama pasangan , maka hubungan akan lebih kuat lagi.

Maka, nikmatilah LDR bersama pasangan. Bisa saja, LDR membuat kita mengevaluasi hubungan dalam perspektif yang baru. Sehingga, hubungan kita akan menjadi lebih awet daripada sebelumnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com