Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memahami Fakta Nobel Ekonomi yang Bukan Wasiat Alfred Nobel

Kompas.com - 12/10/2021, 12:36 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Baca juga: Desa, Tulang Punggung Ekonomi Bangsa saat Pandemi Belum Usai

KOMPAS.com - Hadiah Nobel adalah penghargaan tertinggi untuk ilmuwan yang dianggap memberikan kontribusi besar untuk kemanusiaan.

Penghargaan ini diwasiatkan oleh Alfred Nobel, ilmuwan asal Swedia sekaligus penemu dinamit. Ia mewariskan sejumlah besar uang untuk diinvestasikan dan dibagikan kepada sejumlah ilmuwan berjasa ini.

Hadiah Nobel pertama kali diberikan tahun 1901, lima tahun berselang setelah kematian Alfred Nobel.

Pada awalnya, penghargaan ini hanya terdiri dari lima kategori yakni fisika, kimia, fisiologi atau kedokteran, kesusasteraan, dan perdamaian. Sampai akhirnya tahun 1968 ditambahkan kategori baru yakni bidang ekonomi.

Baca juga: Praktikkan Eksprimen Nyata, 3 Ekonom AS Raih Hadiah Nobel 2021

Fakta soal Nobel ekonomi

Penambahan kategori tersebut dilakukan oleh bank sentral negara Swedia yang bernama Sveriges Riksbank untuk mengenang jasa Alfred Nobel. Hal ini juga dilakukan sebagai peringatan ulang tahun ke-300 bank sentral tertua di dunia ini.

Penghargaan dalam bidang ekonomi ini kemudian diberi nama The Sveriges Riksbank Prize in Economic Sciences in Memory of Alfred Nobel. Secara resmi, anugerah ini bukan termasuk dalam Hadiah Nobel seperti di berbagai kategori lainnya.

Namun kini publik mengenalnya dengan istilah Nobel ekonomi meskipun sebenarnya ada perbedaan yang cukup signifikan. Hanya saja, memang ada sejumlah kesamaan yang membuatnya dianggap sebagai hal yang sama.

Misalnya, penghormatan ini diumumkan pada rentang waktu yang sama dengan Hadiah Nobel lainnya. Pembagian medali dan hadiahnya juga dilakukan bersamaan oleh Yayasan Nobel setiap tanggal 10 Desember di Stockholm.

Baca juga: Ilmuwan Indonesia Masuk Daftar 100 Orang Paling Berpengaruh 2021

Kesamaan ini juga termasuk penilaiannya yang dilakukan oleh Royal Swedish Academy of Sciences, otoritas yang menentukan pemenang Nobel fisika dan kimia.

Sedangkan perbedaannya yang mendasar adalah soal sumber uang yang didapat para pemenang dan medali yang diberikan kepada pemenang.

Peraih Nobel ekonomi mendapatkan jumlah uang yang sama dengan peraih Hadiah Nobel bidang lainnya. Namun dana tersebut tidak bersumber dari hasil investasi dana warisan Alfred Nobel melainkan dari Sveriges Riksbank.

Medali yang dibagikan untuk kategori ini juga memiliki desain yang berbeda dengan Hadiah Nobel lainnya. Meskipun sama-sama bergambar sosok Alfred Nobel namun posenya berbeda.

Selain itu, tertulis kata-kata 'Sveriges Riksbank till Alfred Nobels Minne 1968' yang artinya The Sveriges Riksbank, untuk mengenang Alfred Nobel, 1968.

Bagian bawah medalinya juga menampilkan beberapa logo bank sentral Swedia tersebut yang menjadi pembeda utamanya.

Sejauh ini, Nobel ekonomi telah dibagikan sebanyak 53 kali sejak 1969-2021. Peraihnya dipilih dari orang-orang terbaik yang memberikan kinerja optimal untuk kemajuan perekonomian masyarakat dunia.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com