Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Cegah Stunting, Ini Nutrisi Penting pada 2 Tahun Pertama Anak

Kompas.com - 12/10/2021, 16:55 WIB
Yogarta Awawa Prabaning Arka,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Dua tahun pertama kehidupan anak merupakan masa emas pertumbuhan, termasuk perkembangan otak mereka.

Untuk diketahui, 80 persen perkembangan otak terjadi selama periode ini. Selanjutnya, otak akan terus berkembang pesat hingga mencapai usia 5 tahun, meski tidak secepat masa dua tahun pertama.

Mempertimbangkan hal tersebut, jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan gizi anak pada dua tahun pertama. Pasalnya, bila anak sampai kekurangan gizi pada periode emas, dapat berdampak negatif pada anak seumur hidupnya. Salah satu dampak negatif tersebut adalah stunting.

Oleh karena itu, penuhi kebutuhan nutrisi anak pada peride tersebut agar tumbuh kembangnya optimal sekaligus untuk menghindarkan anak dari risiko stunting.

Lalu, nutrisi apa saja yang dibutuhkan anak pada periode emas pertumbuhannya? Berikut sembilan nutrisi yang harus sobat Generasi Bersih dan Sehat (Genbest) ketahui.

Protein

Protein merupakan nutrisi yang harus diberikan kepada anak, termasuk protein hewani saat pengenalan makanan pendamping ASI (MPASI). Pasalnya, protein hewani berperan penting dalam mencegah stunting.

Baca juga: Mudah Diterapkan, Ini Cara Menyusun Jadwal Makan Anak 2 Tahun

Terdapat berbagai sumber protein hewani yang bisa diolah untuk MPASI, seperti telur, daging sapi, ikan, serta daging ayam.

Karbohidrat

Karbohidrat merupakan nutrisi yang dibutuhkan tubuh sebagai sumber energi. Dengan energi yang cukup, anak dapat bergerak aktif untuk mempelajari hal baru. Adapun makanan yang banyak mengandung karbohidrat adalah beras merah, buah pisang, atau roti.

Lemak

Lemak dapat membantu penyerapan vitamin sekaligus melindungi jaringan dan sistem saraf pada anak. Adapun pilihan sumber lemak untuk si kecil adalah minyak zaitun, produk olahan susu (keju), dan mentega tawar (unsalted butter).

Folat

Pada masa emas pertumbuhannya, tubuh anak membutuhkan folat untuk pertumbuhan dan perkembangan sel tubuh yang sehat.

Baca juga: 6 Enzim Pencernaan yang Penting dalam Tubuh

Kekurangan folat dapat menyebabkan anemia. Berbagai makanan yang kaya folat adalah asparagus, bayam, kacang merah, dan gandum utuh.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com