Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/10/2021, 13:18 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Media sosial memberikan dampak yang besar pada kehidupan maupun kesehatan mental kita.

Facebook, Instagram, Twitter dan berbagai platform lainnya sudah menjadi kebutuhan bagi banyak orang. Mereka menjadikannya sebagai sumber kebahagiaan, hiburan, informasi maupun inspirasi.

Media sosial awalnya diciptakan untuk menciptakan kesenangan berlancar di dunia maya. Namun belakangan banyak pengguna media sosial merasa tidak bahagia karena terus-menerus melihat kehidupan orang lain yang lebih bahagia atau lebih kaya.

Hal ini karena kita terus membandingkan diri dengan orang lain sehingga menciptakan perasaan negatif tersebut.

Baca juga: Dampak Buruk Membandingkan Anak dengan Orang Lain

Terapis kesehatan perilaku Jane Pernotto Ehrman, MEd, RCHES, ACHT, mengatakan media sosial menarik penggunanya ke dalam pikirannya.

“Kita menilai, membandingkan, dan melamun tentang apa yang dilihat secara online, sehingga tidak sepenuhnya menjalani hidup kita sendiri. Sebaliknya, kita terjebak dalam dunia virtual yang mungkin tidak persis seperti yang terlihat," ujar pakar asal Ohio, AS ini.

Kita disarankan untuk mampu melakukan jeda media sosial (social media break) guna menjaga kesehatan mental. Hanya saja, manfaat membatasi media sosial tidak terjadi begitu saja dalam semalam.

Setidaknya dibutuhkan sekitar tiga minggu agar kita mulai menyadari keuntungan dari waktu media sosial yang terbatas. Mengurangi kebiasaan menggunakan media sosial juga dapat menurunkan risiko depresi dan merasa kesepian.

Baca juga: Konten Media Sosial Penuh Sensasi, Miskin Esensi?

8 pertanda tubuh kita butuh social media break

Social media break adalah proses detoks untuk menghilangkan semua pengaruh buruk yang kita rasakan.

Kita bisa melakukan jeda dengan berbagai cara mulai dari membatasi screening time, menghapus aplikasi media sosial atau unfollow sejumlah akun yang dianggap tidak berfaedah.

"Menjauh dari media sosial adalah cara yang bagus untuk mendapatkan gambaran realitas yang lebih baik," kata Ehrman.

Menurutnya, social media break baik untuk kesehatan mental dan sosial meskipun tidak harus dilakukan secara permanen. Ide utamanya adalah kita menyadari soal pentingnya rehat dari kehidupan di dunia maya itu.

Selalu membandingkan diri

Kita dianjurkan melakukan jeda media sosial ketika mulai sering membandingkan kehidupan sendiri dengan orang lain. Kita kemudian cenderung merasa tidak bahagia, tidak mampu dan tidak puas dengan kehidupan sendiri.

Jika kita sulit menyadari bahwa kehidupan tidak ada sempurna, terlepas apapun yang diunggah, maka saat untuk mengambil rehat sejenak.

Baca juga: Tips Menghindari Kecanduan Media Sosial, Going Offline Dulu, Yuk!

Kebiasan scrolling tanpa disadari

Media sosial dibuat sebagai hiburan sehingga tidak seharunya mencuri terlalu banyak waktu kita. Jika kita sering terjebak pada kebiasaan scrolling tanpa kenal waktu dan tempat, yang tak disadari, artinya perlu melakukan social media break segera.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com