Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Bagikan 7 Tips Praktikkan Kesejahteraan Digital Lewat Ponsel

Kompas.com - 13/10/2021, 15:22 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Kehadiran alat digital dapat membantu kita menyelesaikan banyak pekerjaan dengan lebih efisien, dan membuat hidup kita lebih mudah secara keseluruhan. Kemudahan akses membuat kita punya ruang untuk fokus pada hal lain yang lebih penting.

Sayangnya, teknologi mengubah cara kita menghabiskan waktu. Tak sedikit orang yang terlalu asyik menggunakan gawainya sehingga fungsi kehidupannya terganggu.

Bertepatan dengan Hari Kesehatan Mental Sedunia yang jatuh pada 10 Oktober, Google membagikan beberapa tips menjaga kesejahteraan digital yang dapat kita praktikkan lewat ponsel, demi menemukan keseimbangan yang lebih baik dalam penggunaan teknologi.

Baca juga: Kenali, Tanda-tanda Sudah Kecanduan Ponsel

Lebih sadar dalam menggunakan teknologi

Mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan lebih mendetail tentang penggunaan teknologi adalah langkah pertama untuk meningkatkan kesehatan digital secara keseluruhan.DOK GOOGLE Mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan lebih mendetail tentang penggunaan teknologi adalah langkah pertama untuk meningkatkan kesehatan digital secara keseluruhan.
Mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan lebih mendetail tentang penggunaan teknologi adalah langkah pertama untuk meningkatkan kesehatan digital secara keseluruhan.

Melalui ponsel, kita bisa mengecek beberapa informasi seperti berapa lama kita menggunakan ponsel dan seberapa sering kita menggunakan berbagai aplikasi.

Beberapa pengaturan yang dapat diterapkan, antara lain:

  • Menggunakan fitur timer di ponsel

Setelah mengetahui berapa lama kita mengakses ponsel dan beberapa aplikasi, kita dapat mengatur batas waktu pemakaian dengan fitur timer di ponsel.

Dengan begitu, setelah kita mencapai batas, aplikasi dan situs tersebut akan berhenti sementara dan notifikasi menjadi senyap.

"Jadi, Anda hanya akan menghabiskan waktu yang Anda inginkan, tepat di waktu yang Anda inginkan," tulis Google, seperti dikutip Kompas.com dari keterangan tertulis.

  • Mengatur mode waktu tidur di ponsel

Penggunaan teknologi yang berlebihan juga bisa menyebabkan waktu tidur seseorang terganggu.

Untuk mengatasi atau mencegahnya, kita bisa mengatur mode waktu tidur di ponsel.

Atur pukul berapa kita tidur setiap malamnya, sehingga ponsel akan secara otomatis mengubah layar menjadi skala abu-abu (grayscale) dan membungkam notifikasi dengan fitur Do Not Disturb.

Cara ini dapat mencegah adanya gangguan yang membuat kita tetap terjaga di malam hari.

  • Batasi profil waktu tonton di YouTube

YouTube adalah salah satu platform yang paling banyak digunakan untuk menikmati konten video.

Sayangnya, ketika menonton video, waktu terasa bergulir dengan cepat dan pada akhirnya kita menyadari bahwa sudah menghabiskan berjam-jam untuk menyaksikan video.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com