Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lego Akan Hilangkan Bias Gender dari Produk Mainannya

Kompas.com - 14/10/2021, 12:57 WIB
Anya Dellanita,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Hypebeast

KOMPAS.com – Pada awal minggu ini, perusahaan produsen mainan asal Denmark, Lego, berjanji bahwa ke depannya, Lego akan membuat produk dan kampanye pemasaran yang bebas dari bias gender dan stereotip berbahaya lainnya.

Model bisnis yang lebih progresif itu diambil oleh Lego setelah hadirnya sebuah penelitian baru yang mengungkapkan bahwa anak-anak merasa “terkotak-kotak” akibat adanya stereotip gender yang tertanam.

Lego pun memaparkan sebuah laporan yang meneliti sekitar 7.000 orang tua dan anak-anak di seluruh China, Jepang, Polandia, Rusia, Inggris, AS, dan Republik Ceko.

Hasilnya, ditemukan bahwa saat ini masyarakat harus kembali membangun persepsi, tindakan, dan kata-kata untuk mendukung pemberdayaan kreatif semua anak.

Selain itu, laporan tersebut menunjukkan bahwa 71% anak laki-laki khawatir diejek jika mereka bermain dengan mainan yang dianggap tidak ditujukan untuk jenis kelamin mereka.

Sementara 76% orang tua dilaporkan memperkenalkan anak laki-laki mereka pada Lego, dan hanya 24% orang tua yang mendorong anak perempuan mereka untuk bermain dengan balok Lego.

Lego pun tidak akan lagi memasarkan produknya berdasarkan gender, dengan menghapus frasa seperti "untuk anak perempuan" atau "untuk anak laki-laki,” dengan harapan dapat membentuk kembali gagasan norma gender.

"Lego akan memastikan setiap anak, terlepas dari identitas gender, merasa bahwa mereka dapat membangun apa pun yang mereka sukai," ujar Julia Goldin, kepala produk dan pemasaran Lego dalam sebuah pernyataan.

“Kami menguji semuanya pada anak laki-laki dan perempuan, serta melibatlan lebih banyak role model perempuan."

"Tugas kami sekarang adalah mendorong anak laki-laki dan perempuan yang ingin bermain dengan mainan yang mungkin secara tradisional dianggap bukan untuk mereka. Intinya, kami bekerja keras untuk membuat Lego lebih inklusif,” tambahnya.

Produsen mainan lain seperti Hasbro dan Mattel juga telah berupaya menciptakan lebih banyak produk yang tidak bias gender.

Misalnya, sebagai permulaan, Potato Head Hasbro mencopot "Mr." di depan namanya untuk netralitas gender, sementara Mattel yang dikenal dengan Barbie, meluncurkan jajaran boneka yang inklusif gender.

Namun, Lego sendiri belum menjelaskan bagaimana rencananya untuk memenuhi janjinya itu.

Baca juga: Kemegahan Kapal Titanic dari 9.090 Blok Lego

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com