Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Orang Inggris Suka Menambahkan Susu ke dalam Teh?

Kompas.com - 14/10/2021, 15:34 WIB
Anya Dellanita,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Orang Inggris memang dikenal dengan kebiasaan minum teh di sore hari alias afternoon tea. Di waktu khusus minum teh tersebut biasanya orang-orang Inggris akan mencampurkan teh dengan susu.

Namun, apa alasannya? Apakah rasa atau karena alasan kesehatan? Ternyata, bukan keduanya.

Melansir Reader’s Digest, rupanya kebiasaan mencampurkan teh dengan susu itu telah ada sejak abad 18 silam, saat teh masih diseduh dalam pot. Saat itu, teh dianggap barang mewah, dan orang-orang Inggris biasa meminumnya dari cangkir porselen.

Sayangnya, tak semua orang mampu mendapatkan cangkir porselen tulang yang mahal dan mewah. Belum lagi, cangkir yang tersedia akan retak karena panasnya teh yang mendidih.

Karena itu, orang Inggris akan menuangkan susu terlebih dahulu ke dalam cangkir, lalu masukkan teh.

Susu yang dingin akan membuat teh tidak terlalu panas dan mencegah cangkir retak atau pecah. Tak hanya itu, susu pun akan mengurangi rasa pahit teh.

Baca juga: Pahami, 12 Efek dari Kebiasaan Minum Teh

Menurut beberapa sumber, teh juga merupakan barang mewah dan berharga, membuat banyak keluarga yang tak mampu mendapatkan teh dalam jumlah banyak, akan menambahkan lebih banyak susu dan sedikit teh, sementara keluarga kaya cenderung melakukan yang sebaliknya.

Apakah ada cara tertentu untuk mencampurkan teh dan susu?

Jawabannya, tidak ada.

Kita bisa memasukkan susu semau kita, tak peduli sedikit ataupun banyak, meski menambahkan susu terlebih dahulu sebelum menuangkan teh akan membuatnya terasa lebih enak.

Hal ini disebabkan karena saat menambahkan teh panas ke susu dingin, kita membawa susu itu “masuk” ke suhu teh, mendistribusikan rasa lebih merata. Namun, jika kita menambahkan susu ke dalam teh, kita akan mendinginkan teh, dan rasanya mungkin tidak akan enak.

Baca juga: Ketahui, Waktu Terbaik dan Terburuk untuk Minum Teh Hijau

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com