Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/10/2021, 14:17 WIB
Anya Dellanita,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber Gamerant

KOMPAS.com – Mungkin kita memang selalu menantikan seri game baru untuk dimainkan di konsol kesayangan kita.

Namun, tak dapat dipungkiri kalau game-game jadul yang di-remake selalu menggoda. Pasalnya, game remake itu selalu hadir dengan membawa perubahan menarik, bukan hanya sekadar merilis game dalam platform baru.

Perubahan dalam game remake biasanya hadir bersama pengembangan grafik yang jauh lebih baik dan menyesuaikan mekanisme gameplay dengan konsol masa kini.

Nah, berikut ini ada 12 game yang paling sering di-remake. Apa saja?

1. Super Mario Bros

Game yang pertama kali dirilis umtuk konsol NES pada tahun 1985 oleh Famicom ini memang telah beberapa kali di-remake, seperti Super Mario All-Stars yang dirilis untuk Super Nintendo pada 1993. Game terakhirnya, Super Mario Bros Deluxe yang dirilis di Game Boy Color pada tahun 1999 dan memiliki penambahan map serta beberapa tweak grafis.

Baca juga: Di Balik Karakter Mario Bros, Ini Sejumlah Fakta Uniknya

Mega ManComicBookMovie.com Mega Man

2. Mega Man

Sama seperti Super Mario, Mega Man pertama dirilis pada 1987 untuk NES dan memiliki remake dengan grafik 16-Bit, Mega Man: The Wily Wars untuk konsol Sega Genesis yang awalnya diluncurkan secara digital di Amerika Utara, meski akhirnya dirilis di berbagai tempat secara fisik.

Remake terakhir dari Mega Man adalah "Mega Man Powered Up", gabungan tiga game pertama Mega Man yang dirilis pada 2006 untuk PSP, yang dibuat dengan grafik lebih baik dan lebih ramah anak serta menambahkan boss baru.

Baca juga: Action Figure Red Light, Green Light Squid Game Cuma 456 Buah, Mau?

3. Fire Emblem: Shadow Dragon and the Blade of Light

Game pertama dari seri Fire Emblem ini di-remake pada tahun 1994 menjadi Fire Emblem: Mystery of the Emblem, yang tak hanya mengubah grafiknya menjadi 16-Bit, tetapi juga memperluas cerita.

Perilisan ulang terakhirnya, "Fire Emblem: Shadow Dragon" dirilis pada tahun 2008 untuk Nintendo DS. Seperti game keduanya, game ini juga memperluas cerita serta menambahkan beberapa penyesuaian mekanisme.

4. Doom

Game FPS (first-person shooter) yang pertama dirilis pada tahun 1993 ini memang bisa dibilang sukses menggabungkan genre horror dengan FPS, membuat banyak gamer jatuh hati.

Belum lagi, faktor perubahan data internal yang bisa diubah sesuka hati oleh para pemainnya yang menarik. Karena itulah, tak aneh jika Doom sering di-remake.

Halaman:
Sumber Gamerant
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com