Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Kaki 30 Menit Bantu Turunkan Berat Badan, Begini Triknya

Kompas.com - 25/10/2021, 18:56 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Jalan kaki 30 menit bisa membantu menurunkan berat badan jika dilakukan setiap hari atau setidaknya lima kali dalam seminggu.

Aktivitas fisik sederhana, seperti jalan kaki, bisa membantu menurunkan berat badan karena membantu membakar lebih banyak kalori.

Namun, bukan berarti jalan kaki 30 menit selalu bisa memberi efek menurunkan berat badan. Sebab, faktor seperti kecepatan jalan kaki, jarak tempuh, medan yang ditempuh, serta pola makan dan gaya hidup secara keseluruhan juga memengaruhi efektivitasnya.

Baca juga: 6 Manfaat Jalan Kaki untuk Menurunkan Berat Badan

Berapa kalori terbakar jika jalan kaki 30 menit?

Berapa banyak kalori yang dibakar dengan jalan kaki 30 menit? Ini juga bergantung pada beberapa faktor, termasuk intensitas dan durasi.SHUTTERSTOCK Berapa banyak kalori yang dibakar dengan jalan kaki 30 menit? Ini juga bergantung pada beberapa faktor, termasuk intensitas dan durasi.
Jadi, berapa banyak kalori yang dibakar dengan jalan kaki 30 menit?

Menurut MedicineNet, jalan cepat selama 30 menit kira-kira menjangkau jarak tempuh sekitar 2,4-3,2 km.

Jika dilakukan sebagai rutinitas harian, jalan kaki 30 menit diperkirakan bisa membakar sekitar 100 kalori. Namun, pastikan kecepatan jalan kaki sudah cukup cepat untuk meningkatkan detak jantung hingga 70 persen detak jantung maksimal.

Bagaimana mengetahuinya? Alat-alat kebugaran yang tersedia di pasaran, seperti gelang kebugaran, memiliki fitur untuk membantu kita mengukur detak jantung dan informasi kebugaran lainnya. Misalnya, jumlah langkah atau jarak tempuh.

Jalan cepat bisa masuk ke dalam kategori olahraga intensitas moderat. Dianjurkan untuk menargetkan 30-90 menit per sesinya.

Waktu dan frekuensi jalan kaki bisa disesuaikan dengan aktivitas harian kita masing-masing. Namun, pastikan total durasi jalan kaki tak kurang dari 150 menit per minggu untuk mendapatkan manfaat maksimal.

Namun, jika baru membangun rutinitas jalan kaki, kita bisa memilainya dengan berjalan kaki sekitar 10 menit per hari, kemudian secara bertahap meningkatkan durasinya.

Jika ingin menjadikannya bagian dari perencanaan kebugaran, pastikan konsisten. Jangan melewatkan sesi jalan kaki lebih dari satu hari berturut-turut.

Jika sangat mendesak dan tidak bisa pergi jalan kaki, gantilah dengan aktivitas olahraga lain, misalnya latihan kekuatan atau skipping di rumah.

Skipping, misalnya, adalah bentuk olahraga aerobik lainnya yang bisa membakar kalori dua hingga tiga kali lebih banyak daripada jalan kaki, dengan durasi yang sama.

Berapa banyak kalori yang dibakar dengan jalan kaki 30 menit juga bergantung pada berat badan kita.

Jika dalam 30 menit kita bisa membakar sekitar 100-200 kalori, maka dalam lima hari kita bisa menargetkan membakar kalori sekitar 500-1.000 kalori.

Baca juga: 11 Cara Ampuh Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com