Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Manfaat Naik Turun Tangga Setiap Hari, Baik untuk Kesehatan

Kompas.com - Diperbarui 05/09/2022, 09:11 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Olahraga bisa dilakukan dengan banyak cara. Tanpa harus memberikan waktu khusus pun olahraga bisa tetap dilakukan dalam aktivitas keseharian.

Memilih naik dan turun tangga saat berada di kantor -misalnya. Hal ini ada pilihan yang sederhana, namun pasti berdampak pada kesehatan.

Meski melelahkan, ternyata manfaat naik turun tangga setiap hari sangat berlimpah.

Rutinitas naik turun tangga tak bisa disepelekan.

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan di BMC Public Health pada Mei 2021 disebutkan bahwa naik turun tangga bahkan bisa jadi aktivitas fisik berat dan dikaitkan dengan lipoprotein yang lebih sehat, berat badan dan tekanan darah yang lebih rendah, serta kebugaran aerobik yang lebih tinggi. 

Naik turun tangga setiap hari diyakini mampu melindungi kita dari sindrom metabolik. Karena bisa dilakukan di mana saja, menjadi naik turun tangga sebagai aktivitas fisik rutin dapat kita pertimbangkan.

Baca juga: Jalan Kaki 30 Menit Bantu Turunkan Berat Badan, Begini Triknya

Manfaat naik turun tangga

Beberapa manfaat naik turun tangga setiap hari antara lain:

1. Naik turun tangga membakar banyak kalori

Salah satu manfaat naik turun tangga setiap hari adalah membakar banyak kalori.PIXABAY/PASJA1000 Salah satu manfaat naik turun tangga setiap hari adalah membakar banyak kalori.
Salah satu manfaat naik turun tangga setiap hari adalah membakar banyak kalori.

Kalori yang dibakar ketika naik turun tangga tentu dipengaruhi berbagai faktor, termasuk intensitasnya.

Namun, naik turun tangga bisa tergolong aktivitas fisik intensitas berat dan mampu membakar kalori per menit lebih banyak dari jogging dengan kecepatan sedang.

Menurut StepJockey, perusahaan yang didanai oleh Departemen Kesehatan Inggris dan memiliki misi membuat semua orang naik turun tangga kapan pun dan di mana pun memungkinkan, mencatat bahwa naik turun tangga dapat membakar delapan hingga sembilan kalori lebih banyak daripada duduk dan sekitar tujuh kalo lebih banyak daripada naik lift.

Selain itu, kalori yang terbakar tak hanya ketika kita naik tangga, tetapi juga saat turun tangga.

Diperkirakan, rata-rata individu dapat membakar setidaknya 0,1 kalori untuk setiap langkah yang dinaiki dan 0,05 kalori untuk setiap langkah turun.

Terlihat kecil? Jangan lupa kalikan dengan jumlah anak tangga yang kita naiki dan turuni. Setiap naik 10 langkah kita membakar 1 kalori, sementara turun 20 langkah membakar 1 kalori.

Ini menjadi kabar baik, terutama bagi orang-orang yang ingin menurunkan berat badan. Sebab, aktivitas naik turun tangga yang sederhana ternyata bisa membantu kita menurunkan berat badan.

Semakin banyak anak tangga yang kita naiki dan turuni, maka akan semakin banyak pula kalori yang dibakar.

Baca juga: 9 Pilihan Olahraga untuk Menurunkan Berat Badan

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com