Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Alternatif Memasak Tanpa Menggoreng, Lebih Sehat dan Tak Kalah Lezat

Kompas.com - 26/10/2021, 18:41 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Memasak dengan cara digoreng adalah metode yang paling sering dilakukan banyak orang. Prosesnya dianggap lebih cepat dan rasa makanannya jauh lebih gurih.

Makanan yang digoreng juga terasa lebih renyah sehingga kerap jadi favorit semua orang. Hampir semua bahan pangan bisa digoreng termasuk daging, tahu, tempe dan sayuran.

Hanya saja, kebiasaan mengkonsumsi makanan yang digoreng bisa berakibat buruk untuk kesehatan. Penyuka gorengan harus menghadapi risiko penyakit diabetes, kolestrol sampai dengan penyakit jantung.

Selain itu, makanan yang diolah dengan cara digoreng juga mengandung lemak tidak sehat dan tinggi kalori. Berbagai nutrisi bermanfaat yang terkandung dalam makanan tersebut juga cenderung menyusut dan hilang dengan proses memasak ini.

Baca juga: Lebih Sehat, Ini 6 Tips Memasak Tanpa Minyak Goreng

Cara memasak makanan tanpa menggoreng, tak kalah enak

Sebenarnya, ada cara yang lebih sehat untuk memasak makanan kita tanpa menggunakan minyak goreng. Metode tersebut mengandung lebih sedikit atau bebas lemak namun tetap memiliki cita rasa yang lezat.

Sautéeing dan Stir-Frying

Sauteeing adalah metode memasak dengan sedikit minyak seperti menumis. Cara masak ini dilakukan dengan api besar dalam wajan dengan sedikit minyak atau cairan lain seperti kaldu atau air dan beberapa bumbu lainnya.

Metode sauteeing bisa dilakukan untuk banyak jenis makanan termasuk sayuran hijau, jamur, paprika, dan tahu. Kelebihannya, cara masak ini tergolong cepat sehingga nutrisi dan kesegaran makanan masih terjaga utuh.

Sedangkan stir-frying adalah metode menumis yang biasa dipakai dalam masakan China. Cara ini dilakukan dengan menggunakan api dengan suhu dan kecepatan yang jauh lebih tinggi.

Makanan yang dimasak dengan stir-frying juga harus terus diaduk dan dilempar agar tidak gosong. Cara ini cocok untuk semua jenis makanan termasuk sayur dan daging-dagingan.

Baca juga: Cara Bersihkan dan Masak Kailan, Bekal Bikin Tumisan ala Restoran

ilustrasi jagung yang sedang dikukus. SHUTTERSTOCK/lemacpro ilustrasi jagung yang sedang dikukus.

Dikukus

Memasak makanan dengan cara dikukus identik dengan orang yang sedang diet, sudah tua atau sakit. Padahal makanan yang dikukus bisa memiliki cita rasa yang tak kalah lezatnya dibandingkan digoreng.

Mengukus sayuran bermanfaat membuatnya lebih empuk, cerah, beraroma, dan mempertahankan sebagian besar nutrisinya.

Dengan kombinasi bumbu yang tepat, makanan kukus tidak akan lagi terasa hambar atau membosankan.

Baca juga: Cara Kukus Kerang Menurut Koki, Jangan Terlalu Lama

Dipanggang

Memanggang adalah salah satu cara memasak yang sangat mudah dan tergolong cepat. Rasa makanan yang dipanggang juga lebih orisinal, kaya sekaligus memberikan sensasi smooky.

Sayuran yang dipanggang juga terasa manis dan renyah karena efek karamelnya. Sedangkan tahu, tempe dan daging terasa lebih lezat dan lebih sehat.

Tipsnya, rendam masakan yang akan dipanggang dalam bumbu selama 30 menit sebelum dipanggang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com