Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/10/2021, 20:35 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber Birdie.com

KOMPAS.com - Rambut keriting cenderung membutuhkan perawatan ekstra untuk menjaga kesehatan dan kelembabannya.

Pemilik rambut keriting rentan mengalami sejumlah masalah termasuk kusam, kering dan mengembang. Untuk menjaga kondisinya, kita perlu memperhatikan metode perawatannya termasuk produk yang digunakan.

Rambut keriting sangat halus, dengan berbagai tikungan batang rambut yang mewakili bagian paling rapuh dari untaian.

Umumnya, rambut juga lebih mudah kering jika memiliki rambut keriting. Sebabnya, minyak alami tubuh kesulitan memenuhi kebutuhan seluruh batang rambut termasuk berbagai lekukannya secara merata. 

Produk yang berfungsi menjaga kelembabannya rambut adalah salah satu pilihan terbaik. Selain sampo dan pelembab, kita juga bisa menggunakan essential oil untuk merawat rambut keriting.

Baca juga: Jadi Susah Diatur, Ini Sederet Penyebab Rambut Kering

Essential oil untuk merawat rambut keriting

Essential oil sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit kepala yang merupakan kunci untuk merawat rambut keriting. Minyak alami dapat secara ampuh meningkatkan kelembaban kulit kepala sehingga berdampak besar pada kondisi batang rambut.

Ada dua essential oil terbaik yang bisa digunakan untuk perawatan rambut keriting.

Rosemary oil

Rosemary oil sangat cocok digunakan untuk perawatan rambut keriting karena manfaatnya yang sangat banyak. Jenis minyak ini mampu menenangkan kulit kepala, mencegah gejala ketombe, memperkuat sirkulasi darah dan mencegah rambut rontok. 

"Minyak ini adalah stimulan kuat untuk pertumbuhan rambut dengan sifat antioksidan dan antimikroba," kata Dr. Kari Williams, Ph.D., dermatologi dari Universitas Pittsburgh, AS.

Campurkan beberapa tetes rosemary oil dengan sampo atau kondisioner yang digunakan saat keramas. Pijatkan ke kulit rambut selama setidaknya lima menit dan bilas sampai benar-benar bersih.

Baca juga: Beragam Cara Memakai Essential Oil

Tea Tree Oil

Essential oil dari tea tree adalah produk anti jamur yang sangat efektif untuk rambut keriting.

"Minyak ini dapat menciptakan sensasi menenangkan yang kuat ketika ditambahkan ke produk, dan bekerja sebagai agen pembersih yang efektif," jelas Williams.

Manfaat lainnya, mampu merangsang kulit kepala, menjaga folikel rambut, menghilangkan ketombe dan mencegah kulit kepala mengelupas.

Campurkan essential oil ini dengan sampo untuk mendapatkan sensasi segar dan cooling di kulit kepala.

Untuk stimulator pertumbuhan rambut, campurkan essential oil ini dengan minyak kelapa atau jojoba oil dan oleskan ke seluruh rambut. Pijak selama lima menit kemudian biarkan sejenak sebelum membilasnya.

Baca juga: Sampo Minyak Esensial untuk Rambut yang Lebih Sehat dan Indah

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Birdie.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com