Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramai Diburu, Tiga Daun Syngonium Yellow ini Dihargai Rp 900.000

Kompas.com - 28/10/2021, 11:29 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Memelihara tanaman hias menjadi tren yang semakin digemari banyak orang. Ada kepuasan tersendiri ketika menyaksikan tanaman kesayangan tumbuh subur dan berdaun lebat.

Sama seperti tren lainnya, jenis tanaman hias yang hits juga terus berganti-ganti. Sebelumnya, tanaman monstera, aglaonema, sampai bambu hoki sempat diburu sehingga harganya melonjak tinggi.

Demi kesenangan, banyak yang tak segan merogoh kocek dalam-dalam demi tanaman hias idamannya.

Belakangan, tanaman hias yang sedang tren adalah jenis syngonium yellow. Tanaman ini termasuk dalam keluarga syngonium (Syngonium podophyllum) atau dikenal juga dengan nama arrowhead plant.

Istilah ini digunakan karena bentuk daunnya yang menyerupai mata anak panah. Berbeda dari jenis lainnya, tanaman hias syngonium yellow memiliki banyak warna pada satu helai daunnya.

Setiap helai memiliki dua warna kombinasi yang mencolok yakni hijau tua dan kuning. Bentuk guratan daunnya juga bisa berbeda-beda untuk setiap helai, yang menambah daya tariknya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by TANAMAN HIAS PONTIANAK (@oranjegarden)

Harga syngonium yellow melonjak tinggi

Meskipun semakin sulit didapat, tanaman hias syngonium yellow sebenarnya banyak ditawarkan oleh seller online baik lewat Instagram maupun e-commerce.

Harga yang dibandrol tentunya cukup fantastis, mulai dari ratusan ribu sampai jutaan rupiah.

Tisi, salah satu seller tanaman hias di Pontianak, Kalimantan Barat termasuk salah satu yang menjual syngonium yellow. Ia menawarkan tanaman tersebut dengan harga Rp 900.000 per pot yang terdiri dari tiga helai daun.

"Harga Rp900.000 untuk tanaman yang daunnya tiga itu, akarnya oke," jelas pemilik akun seller online @oranjegarden ini kepada Kompas.com.

Menurutnya, harganya memang sedang menggila karena semakin diburu oleh para penggemarnya. Nominalnya mungkin memang agak mengejutkan bagi sebagian orang namun tetap saja banyak yang membelinya.

Corak daun yang unik dan lain daripada yang lain menjadi salah satu keunggulan utamanya. Kita seakan memiliki tiga tanaman yang berbeda karena daunnya bisa sangat berlainan motifnya.

Selain itu, syngonium yellow juga cenderung mudah dirawat sehingga banyak disukai orang.

Sementara itu, seller di e-commerce Tokopedia bahkan ada yang menjualnya hingga harga Rp 8,7 juta.

Harga fantastis ini karena tanaman syngonium yellow yang ditawarkan bukan hanya berdaun lebat namun juga sudah merambat tinggi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com