Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/10/2021, 11:52 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Manfaat serum vitamin C untuk kulit wajah ternyata sangat beragam. Pengguna skincare tentunya sudah tak asing dengan yang semakin banyak di pasaran ini.

Vitamin C dikenal sebagai salah satu bahan anti-penuaan terbaik dan bisa dijadikan produk kunci untuk menjaga kulit yang lembut, sehat, dan tampak glowing.

Meskipun kita sudah mendapatkan vitamin C dari makanan yang dikonsumsi, tak dijamin vitamin C tersebut bisa memenuhi kebutuhan kulit. Untuk itu, penggunaan serum atau produk topikal dengan vitamin C lainnya bisa secara langsung memberikan manfaat pada kulit wajah.

Manfaat serum vitamin C untuk wajah juga dapat digunakan bersama dengan bahan aktif lainnya, termasuk asam alfa hidroksi, retinol, dan SPF.

Baca juga: Masih Sering Keliru, Begini Urutan Skincare Malam yang Benar

Manfaat serum vitamin C

Berikut sejumlah manfaat serum vitamin C yang bisa kita dapatkan dengan mengaplikasikannya secara rutin:

1. Membantu menghidrasi kulit

Manfaat serum vitamin C termasuk membantu menghidrasi kulit.PEXELS/SHINY DIAMOND Manfaat serum vitamin C termasuk membantu menghidrasi kulit.
Menurut Healthline, salah satu turunan vitamin C utama yang digunakan dalam perawatan kulit, magnesium ascorbyl phosphate, terbukti memiliki efek menghidrasi pada kulit.

Manfaat serum vitamin C yang satu ini membantu mengurangi kehilangan air transepidermal, yang memungkinkan kulit kita mempertahankan kelembapannya dengan lebih baik.

Baca juga: 8 Kesalahan Umum dalam Penggunaan Pelembap

2. Membantu mencerahkan kulit

Manfaat serum vitamin C lainnya adalah membantu mencerahkan kulit.PEXELS/KOOLSHOOTERS Manfaat serum vitamin C lainnya adalah membantu mencerahkan kulit.
Manfaat serum vitamin C lainnya adalah membantu mencerahkan kulit.

Menurut ahli bedah kulit dari Omaha, Nebraska dan kontributor RealSelf, Joel Schlessinger, MD kepada Everyday Health, serum vitamin C juga dapat meningkatkan sintesis kolagen dan elastin, yang pada akhirnya dapat memperbaiki tampilan garis-garis halus dan kerutan, membantu mengurangi peradangan, memberikan pengelupasan alami yang ringan, dan mencerahkan kulit.

Menggunakan serum vitamin C secara teratur dapat membantu mendapatkan tampilan kulit yang glowing dan tampak lebih muda.

Baca juga: 7 Cara Mencerahkan Kulit Wajah, Mudah dan Bisa Dicoba di Rumah

3. Mengurangi kemerahan di kulit wajah

Manfaat serum vitamin C termasuk membantu mengurangi peradangan kulit. Ini pada akhirnya dapat membantu mengurangi kemerahan di kulit wajah.SHUTTERSTOCK Manfaat serum vitamin C termasuk membantu mengurangi peradangan kulit. Ini pada akhirnya dapat membantu mengurangi kemerahan di kulit wajah.
Seperti yang telah diungkapkan pada poin berikutnya, manfaat serum vitamin C termasuk membantu mengurangi peradangan kulit. Ini pada akhirnya dapat membantu mengurangi kemerahan di kulit wajah.

Vitamin C terbukti membantu mengobati berbagai macam kondisi kulit yang meradang, meminimalkan kemerahan yang membuat warna kulit lebih merata.

Baca juga: Kenali Penyebab Kulit Jadi Kemerahan dan Cara Mengatasinya

4. Membantu menyamarkan hiperpigmentasi

Manfaat serum vitamin C termasuk membantu mengatasi kondisi melasma dan hiperpigmentasi pasca-inflamasi.FREEPIK Manfaat serum vitamin C termasuk membantu mengatasi kondisi melasma dan hiperpigmentasi pasca-inflamasi.
Manfaat serum vitamin C termasuk membantu mengatasi kondisi melasma dan hiperpigmentasi pasca-inflamasi.

Hiperpigmentasi terjadi karena melanin diproduksi secara berlebihan di area kulit tertentu. Itu juga bisa terjadi di area wajah setelah jerawat sembuh.

Menurut sebuah penelitian pada Januari 2013 yang diterbitkan dalam Journal of Drugs and Dermatology, peserta penelitian melihat perbaikan pigmentasi kulit rata-rata 73 persen sebagai hasil dari penerapan vitamin C pada wajah.

Baca juga: Kapan Waktu Terbaik untuk Mendapatkan Sinar Matahari?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com