Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

11 Cara Memutihkan Kulit Tangan dengan Perawatan Rumahan

Kompas.com - Diperbarui 02/10/2022, 20:07 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Cara memutihkan kulit tangan bisa dilakukan dengan masker bahan alami, perawatan menggunakan skincare, maupun pencegahan sehingga kulit tangan tak terlihat semakin kusam.

Meskipun kulit tangan tidak sensitif seperti kulit wajah, namun tangan sangat sering terpapar lingkungan.

Kulit tangan yang sering terpapar sinar matahari, kotoran, debu, polusi, atau stressor lingkungan lainnya bisa tampak kusam dan gelap. Apalagi, kulit tangan sering kali luput dari perawatan.

Jika sedang mencari cara memutihkan kulit tangan dan membuatnya tampak lebih muda, simak ulasan berikut.

Baca juga: 7 Cara Mencerahkan Kulit Wajah, Mudah dan Bisa Dicoba di Rumah

Cara memutihkan kulit tangan

Berikut beberapa cara memutihkan kulit tangan yang dapat dicoba:

1. Menggunakan masker kunyit

Menggunakan masker kunyit menjadi salah satu cara memutihkan kulit tangan yang dapat dicoba.FREEPIK Menggunakan masker kunyit menjadi salah satu cara memutihkan kulit tangan yang dapat dicoba.
Kurkumin, senyawa aktif yang ada dalam kunyit, memiliki sifat antioksidan yang dapat menurunkan produksi melanin dan dengan demikian mengontrol penggelapan kulit.

Menurut eMediHealth, menggunakan masker kunyit menjadi salah satu cara memutihkan kulit tangan yang dapat dicoba.

Kunyiy bisa dioleskan secara topikal ke kulit dan dikonsumsi secara oral dalam bentuk minuman setiap hari sebelum tidur untuk memperbaiki kulit dan kesehatan secara umum.

Jika ingin mengguakannya sebagai masker kulit tangan, campurkan kunyit dengan susu dingin hingga membentuk pasta. Kemudian, aplikasikan tipis ke area tangan dan bilas 15-20 menit kemudian. Gunakan secara rutin untuk hasil maksimal.

Kita juga bisa membuat campuran seperempat sendok teh kunyit dan minyak zaitun untuk membentuk pasta. Aplikasikan ke area tangan dan bilas 10 menit kemudian. Ulangi perawatan ini 2-3 kali seminggu.

Baca juga: 6 Manfaat Kunyit untuk Kecantikan dan Dapat Dicoba

2. Menggunakan scrub garam

Sebagai cara untuk memutihkan kulit tangan, kita bisa mencoba scrub garam. Perawatan ini dapat membantu membuat kulit tangan terasa lebih lembut dan sehat.FREEPIK/JCOMP Sebagai cara untuk memutihkan kulit tangan, kita bisa mencoba scrub garam. Perawatan ini dapat membantu membuat kulit tangan terasa lebih lembut dan sehat.
Eksfoliasi dapat membantu mengangkat sel kulit mati yang membuat kulit tangan terlihat kusam. Kulit kering juga bisa membuat tangan tampak lebih tua.

Sebagai cara untuk memutihkan kulit tangan, kita bisa mencoba scrub garam. Perawatan ini dapat membantu membuat kulit tangan terasa lebih lembut dan sehat.

Untuk membuatnya, campurkan garam laut mati atau garam epsom dengan seperempat minyak pembawa, seperti minyak alpukat, minyak zaitun, atau minyak jojoba.

Kemudian, tambahkan 10-20 tetes minyak atsiri eukaliptus atau lavender dan aplikasikan campuran tersebut ke area tangan. Pijat lembut dengan gerakan memutar.

Setelah 15 menit, bilas tangan dengan air suam-suam kuku.

Baca juga: Kulit Lebih Cerah dengan Scrub Kopi Buatan Sendiri

3. Membuat krim yogurt

Untuk membuat krim yogurt sebagai salah satu cara memutihkan kulit tangan, kita bisa menambahkan madu dan kunyit.SHUTTERSTOCK/DONOT6_STUDIO Untuk membuat krim yogurt sebagai salah satu cara memutihkan kulit tangan, kita bisa menambahkan madu dan kunyit.
Yogurt mengandung asam laktat, yang dapat membantu mencerahkan kulit dengan mengangkat sel-sel kulit mati yang membuat kulit menjadi kering, gelap, dan bersisik.

Selain itu, vitamin dan protein dalam yogurt dapat melembutkan kulit dan membuatnya bercahaya secara alami.

Untuk membuat krim yogurt sebagai salah satu cara memutihkan kulit tangan, kita bisa menambahkan madu dan kunyit.

Madu dapat membantu menghidrasi dan memberi nutrisi pada kulit, sementara kunyit memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang dapat menenangkan kulit.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com