Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Edukasi Kebersihan Diri Saat Menstruasi untuk Remaja di Indonesia Timur

Kompas.com - 28/10/2021, 19:55 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com – Menstruasi merupakan tahap perkembangan reproduksi remaja perempuan. Namun, separuh dari anak perempuan di Indonesia tidak punya cukup pengetahuan tentang menajemen kesehatan reproduksi.

Menurut data Kementrian Kesehatan, 70 persen remaja perempuan di Indonesia berusia 10-19 tahun telah mulai mengalami menstruasi. Fakta ini semakin menunjukkan pentingnya penguatan manajemen kebersihan menstruasi, terutama di sekolah-sekolah

Kampanye sosial #DariSaudari oleh Kimberly-Clark Softex (PT Softex Indonesia), yang dimulai pada tahun 2019, bekerja sama dengan UNICEF Indonesia berkontribusi meningkatkan perilaku sehat dan bersih ribuan remaja perempuan di berbagai kabupaten dan kota di wilayah Indonesia Timur. 
Dok Kimberly-Clark Softex Indonesia Kampanye sosial #DariSaudari oleh Kimberly-Clark Softex (PT Softex Indonesia), yang dimulai pada tahun 2019, bekerja sama dengan UNICEF Indonesia berkontribusi meningkatkan perilaku sehat dan bersih ribuan remaja perempuan di berbagai kabupaten dan kota di wilayah Indonesia Timur.
Lewat kampanye sosial #DariSaudari, Kimberly-Clark Softex mendukung UNICEF Indonesia dengan bantuan finansial sebesar Rp 1.500.000.000 (satu miliar lima ratus juta rupiah) per tahun untuk program WASH dan sosialisasi aplikasi Oky, aplikasi edukasi tnetang kesehatan dan kebersihan menstruasi.

Baca juga: Bunda, Kenali 4 Fase pada Siklus Menstruasi

Kampanye ini bertujuan meningkatkan perilaku sehat dan bersih ribuan remaja perempuan di berbagai kabupaten dan kota di wilayah Indonesia Timur, seperti di Papua, Papua Barat, Sulawesi Selatan, dan Nusa Tenggara TImur.

“Melalui kolaborasi dengan UNICEF Indonesia, kami berupaya membantu perempuan muda dan remaja dalam mengelola kebersihan dan kesehatan mereka dengan lebih baik,” kata Presiden Direktur Kimberly-Clark Softex Indonesia, Hendra Setiawan, dalam siaran pers.

Dalam kampenye ini dilakukan penyediaan akses ke fasilitas air bersih, sanitasi, dan kebersihan (WASH), serta mendorong pemanfaatan aplikasi Oky.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com