Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekolah di AS Larang Muridnya Pakai Kostum Squid Game untuk Hallowen

Kompas.com - 30/10/2021, 06:06 WIB
Yefta Christopherus Asia Sanjaya,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Squid Game telah menjelma menjadi serial paling populer di dunia. Sejak dirilis tanggal 17 September lalu, serial yang disutradarai Hwang Dong Hyuk ini langsung menduduki peringkat 1 Netflix di AS.

Banyak orang yang terinspirasi dari serial ini kemudian mencoba permainan yang ada di Squid Game. Tak sedikit pula yang sampai membeli merchandise Squid Game agar merasakan sensasi menjadi Seo Gi Hun, dkk.

Walau demikian, serial ini tak lepas dari kontroversi. Usai membocorkan nomor telepon asli milik salah seorang perempuan, Squid Game juga mendapat penolakan dari sejumlah orang tua, guru, dan pemerhati pendidikan di berbagai negara karena menampilkan adegan kekerasan.

Yang terbaru, tiga sekolah dasar di distrik Fayetteville-Manlius, New York, AS melarang muridnya mengenakan kostum Squid Game untuk perayaan Halloween.

Pihak sekolah menyatakan kostum Squid Game tidak memenuhi pedoman kostum sekolah karena sarat kekerasan.

Larangan ini diumumkan oleh Kepala sekolah Mott Road, Enders Road, dan Sekolah Dasar Fayetteville. Ketiganya mengatakan dalam email kepada orang tua murid bahwa mereka harus tahu implikasi dari menonton Squid Game terhadap anak-anak.

“Kami telah mengamati bahwa beberapa murid saat istirahat mereka bermain permainan yang ada di Squid Game yang ditujukan untuk penonton dewasa, berusia 16 tahun ke atas,” ujar Kepala sekolah Mott Road.

Beberapa orang tua yang mengetahui larangan ini kemudian bereaksi dan menyatakan keberatannya. Ada yang mengatakan larangan anak-anak memakai kostum Squid Game untuk Halloween terlalu berlebihan.

Mereka yang keberatan menilai aturan ini terlalu memaksa dan mengemukakan bahwa yang terpenting adalah tidak membiarkan anak di bawah usia 18 tahun menonton Squid Game tanpa pendampingan orang tua.

Baca juga: Sekolah di AS dan Eropa Larang Kostum Squid Game untuk Halloween

Larangan memakai kostum Squid Game untuk Halloween di Fayetteville-Manlius turut ditanggapi oleh Dr. Joseph Ricca, yang merupakan seorang pengawas di distrik White Plain, New York.

Dia mengatakan, larangan di tiga sekolah dasar di Fayetteville-Manlius merupakan asumsi dan logika berpikir yang salah. Ricca menambahkan, distriknya tidak akan mengikuti larangan tersebut.

"Kami memahami bahwa berbagai jenis kostum memiliki pengalaman dan hubungan sejarah yang berbeda, dan sulit untuk memilih satu jenis kostum tertentu dan mengatakan itu tidak diperbolehkan," kata Ricca.

"Salah satu hal yang kami dengar di distrik sekolah di seluruh negeri, adalah anak-anak datang ke sekolah dan bermain Squid Game di taman bermain. Tidak pernah pantas bermain untuk saling menyakiti dan itulah prinsip panduan di sekolah," tambahnya.

Baca juga: Anak Ingin Nonton Squid Game? Simak Saran Pakar Kesehatan Mental

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com