Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Aktivitas Rumah Tangga yang Bantu Membakar Kalori

Kompas.com - 31/10/2021, 11:02 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Jalan kaki selama 30 menit diperkirakan dapat membakar sekitar 100-300 kalori atau 200-600 kalori jika melakukannya selama satu jam. Namun, jumlah kalori yang terbakar tentu ditentukan pula oleh sejumlah faktor, seperti berat badan, serta intensitas jalan kaki dan medan yang ditempuh.

Untuk seseorang dengan berat badan sekitar 70 kg, misalnya, jalan kaki 30 menit membakar sekitar 149 kalori.

Meski manfaat jalan kaki 30 menit sangat baik bagi kesehatan, sebagian orang kurang menyukai jenis aktivitas ini atau mungkin tak punya waktu untuk melakukannya.

Kabar baiknya, beberapa aktivitas rumah tangga ternyata bisa membakar kalori seperti jalan kaki 30 menit atau bahkan lebih.

Baca juga: Jalan Kaki 30 Menit Membakar Berapa Kalori?

Aktivitas Rumahan yang membakar kalori

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) menuliskan ada sejumlah pilihan aktivitas berbeda yang dapat membakar kalori seperti jalan kaki 30 menit, seperti mendaki, lari, berkebun, dan menari.

Sementara artikel yang dipublikasikan Harvard Medical School menyebut aktivitas tersebut bisa berupa aktivitas luar ruangan maupun aktivitas rumah tangga.

Berikut sejumlah aktivitas rumah tangga yang dapat membakar kalori seperti jalan kaki 30 menit atau bahkan lebih, antara lain:

1. Berkebun

Tak hanya menyenangkan, berkebun juga menjadi aktivitas rumah tangga yang bisa membakar kalori. PIXABAY/ALEX FOX Tak hanya menyenangkan, berkebun juga menjadi aktivitas rumah tangga yang bisa membakar kalori.
Tak hanya menyenangkan, berkebun juga menjadi aktivitas rumah tangga yang bisa membakar kalori. Menurut EatingWell, berkebun selama 30 menit diperkirakan bisa membakar sekitar 167 kalori.

Dengan berkebun, kita juga cenderung tidak merasa seperti melakukan olahraga. Ini adalah cara yang baik untuk menjaga rutinitas aktivitas fisik tanpa merasa terbebani.

Nilai tambahnya, kita bisa memiliki kebun yang cantik!

Baca juga: 5 Tips Berkebun di Apartemen bagi Pemula

2. Bermain dengan anak

Bermain dengan anak selama 30 menit diperkirakan dapat membakar sekitar 149-186 kalori.PEXELS/MART PRODUCTION Bermain dengan anak selama 30 menit diperkirakan dapat membakar sekitar 149-186 kalori.
Mengajak anak bermain memang terkadang melelahkan. Namun, tahukah Anda jika aktivitas ini dapat membakar kalori cukup banyak?

Apalagi jika anak senang bermain petak umpet atau aktivitas permainan lain. Bermain dengan anak selama 30 menit diperkirakan dapat membakar sekitar 149-186 kalori.

Bahkan, melakukan aktivitas permainan yang lebih bersemangat, yang melibatkan gerakan seperti melompat, dapat membakar hingga 186 kalori per 30 menit.

Baca juga: Tips Mengasuh Anak Generasi Alpha yang Akrab dengan Teknologi

3. Memotong rumput

Memotong rumput selama 30 menit diperkirakan dapat membakar sekitar 167 kalori.PEXELS/ANNA SHVETS Memotong rumput selama 30 menit diperkirakan dapat membakar sekitar 167 kalori.
Memotong rumput juga merupakan aktivitas rumahan lainnya yang dapat membakar kalori cukup banyak.

Memotong rumput selama 30 menit diperkirakan dapat membakar sekitar 167 kalori.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com