Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Kebiasaan dalam Pernikahan yang Jadi Pemicu Perceraian

Kompas.com - 31/10/2021, 19:05 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Banyak penelitian telah membantu memprediksi pasangan mana yang dapat membangun hubungan pernikahan yang memuaskan, serta pasangan mana yang penuh konflik, tidak bahagia, dan mengarah ke perceraian.

Biasanya, perbedaan latar belakang, usia, atau bahkan pendapat bukanlah alasan utama yang dapat menghancurkan suatu hubungan pernikahan.

Sebaliknya, perilaku dan bagaimana orang berkomunikasi menjadi penentu yang bisa memengaruhi kesehatan suatu hubungan.

Di antara temuan yang paling penting adalah seperangkat kebiasaan komunikasi yang dijuluki dengan "The Four Horsemen of the Apocalypse".

Baca juga: Kiat-kiat untuk Menghindari Perceraian dalam Pernikahan

Menurut psikolog dan peneliti pernikahan, John Gottman, PhD, "The Four Horsemen of the Apocalypse" adalah empat kebiasaan komunikasi yang meningkatkan kemungkinan perceraian.

Keempat perilaku tersebut adalah kritik, defensif, menghalang-halangi, dan menghina.

Gottman menyebut keempat kebiasaan komunikasi ini membuat hubungan pernikahan cenderung menjadi tidak stabil dan tidak bahagia.

Puncaknya, ada kemungkinan yang besar ikatan pernikahan itu akan berakhir pada perceraian.

Sejak 1970-an, Gottman telah mempelajari ribuan pasangan, di mana dia bersama timnya menyaksikan pasangan berinteraksi dan melacak kepuasan hubungan mereka.

Melalui penelitian ini, mereka mampu menyaring kebiasaan relasional yang membuat hubungan pernikahan hancur.

Gottman menemukan, ketika pasangan memanfaatkan kritik, pembelaan, penghalang, atau penghinaan selama masa-masa sulit mereka, ini dapat memicu apa yang dikenal sebagai "distance and isolation cascade".

Artinya, ketika pasangan menggunakan salah satu dari empat kebiasaan ini tanpa perbaikan yang berhasil dari waktu ke waktu, mereka akan semakin jarang untuk saling memenuhi kebutuhan koneksi mereka.

Tentu saja, kebanyakan orang akan menggunakan kebiasaan ini dari waktu ke waktu dalam hubungan mereka. Tak satu pun dari kita yang kebal.

Namun, kuncinya adalah bagaimana kita mengenali penggunaannya dan dengan cepat melakukan perbaikan, serta berupaya untuk semakin jarang menggunakannya.

Untuk mengetahuinya lebih lanjut, berikut sejumlah penjelasan mengenai empat kebiasaan dalam pernikahan yang dapat menyebabkan perceraian.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com